Dampak Buruk Kurang Tidur, Ini Cara untuk Kembali Konsentrasi

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Kurang tidur bisa bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Salah sau dampaknya adalah kesulitan berkonsentrasi pada pagi hari.

Jika kurang tidur atau ada kondisi yang mengharuskan Anda begadang, terdapat beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengembalikan konsentrasi pagi harinya. Dilansir dari hellosehat, ini sejumlah hal yang bisa anda lakukan:

baca juga: Ingin Hidup Lebih Sehat, Mulai dengan Berjalan 30 Menit Setiap Hari

Minum air putih yang banyak

Untuk mengembalikan konsentrasi Anda akibat kurang tidur, asupan cairan harian juga harus tetap dipenuhi. Jika Anda jarang minum, jantung akan kesulitan untuk memompa darah yang mengalirkan oksigen dan nutrisi ke otak.

Akibatnya, otak jadi kekurangan oksigen dan menyebabkan Anda sulit berpikir jernih. Tetap minum air putih yang banyak demi menjaga daya konsentrasi sekalipun Anda mengantuk. Jika merasa malas bolak-balik mengisi gelas, isilah air di wadah besar saat Anda memulai hari dan letakkan di jangkauan Anda. Dengan begitu, Anda tak memiliki alasan lagi untuk malas.

baca juga: Ini Kata Ilmuan Terkait Vaksin Corona yang Sudah Ada dan Varian Delta

Konsumsi minuman berkafeinMinum kafein di malam hari memang bisa membuat Anda kurang tidur karena terjaga semalaman. Namun, minum minuman mengandung kafein pada pagi hari setelah kurang tidur bisa berguna mengembalikan konsentrasi.

Namun, tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan agar Anda benar-benar mendapat manfaatnya. Anda bisa memulai hari dengan minum satu cangkir kopi untuk meningkatkan fungsi otak Anda. Seperti yang dikutip dari Jeffrey Durmer, MD, kafein memang bisa meningkatkan kewaspadaan dan fokus, tetapi dalam batas yang wajar dan sesekali saja. Hindari mengonsumsi kafein lebih dari jam 4 sore. Hal ini disebabkan efek kafein bisa membuat Anda terjaga semalaman dan membuat Anda lagi-lagi kurang tidur.

baca juga: Kasus COVID Melonjak, Menaker Minta Perusahaan Utamakan Keselamatan Pekerja

Rutin berolahraga

Salah satu cara mengembalikan konsentrasi akibat kurang tidur adalah berolahraga. Olahraga di kantor dapat Anda lakukan tanpa harus meninggalkan meja, misalnya saja dengan peregangan punggung atau push-up di meja. Aktivitas fisik yang ringan dapat membantu meningkatkan kemampuan daya ingat dan konsentrasi.

Editor: Ramadhani