Baca Alquran Pakai HP, Bagaimana Hukumnya?

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Di bulan suci Ramadhan membaca Alquran sangat dianjurkan bahkan disarankan untuk membaca sebanyak-banyaknya. Dalam sebuah riwayat, Abdullah bin Abbas RA mengatakan bahwasannya "Rasulullah SAW pada tiap-tiap malam Ramadan, senantiasa didatangi malaikat Jibril AS, untuk mendaras (mempelajari) Alquran. (HR. Bukhari)."

Dan kini, di zaman yang mana smartphone sudah eksis dapat mempermudah kita untuk membaca Alquran tanpa harus membawa-bawa Alquran dalam bentuk kitab. Kita bisa membuka aplikasi bacaan Alquran. Akan tetapi, bagaimana hukum membaca Alquran pakai hp?

baca juga: Bocor Sebelum Dirilis, Ini Sejumlah Jenis Emoji Twitter yang Baru

Hukum Membaca Al Qur'an Pakai Hp

Banyak ulama yang sepakat hukum membaca Alquran di HP atau tablet adalah mubah atau diperbolehkan. Akan tetapi, hal ini juga memicu pertanyaan selanjutnya. Kita semua tahu, bahwa sebelum membaca Al Qur'an, ada

baca juga: Perdagangan Saham Garuda di Bursa Efek Dihentikan

syarat wajib yang harus dilakukan yakni berwudhu lebih dulu. Sebab ketika tidak dalam keadaan memiliki wudhu, maka haram hukumnya memegang maupun membawa mushaf.

Nah, kalau membaca Al Qur'an lewat hp, apakah harus berwudhu dulu?

baca juga: Sederet Fitur Utama iOS 15 Ini Hanya untuk iPhone XS ke Atas

Allah berfirman: "Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan." (QS. Al-Waqi'ah: 79).

Yang dimaksud mushaf di sini adalah semua benda yang huruf-huruf Alquran ditulis di atasnya untuk tujuan belajar, seperti papan, tiang dan tembok yang ada tulisan huruf-huruf Alquran untuk tujuan belajar." (Penjelasan Imam Nawawi Al Jawi dalam Kitab Nihatuz Zain)

baca juga: Pertamina Siap Operasikan 12 Storage BBM Baru

Maka, ketika membuka Alquran lewat hp, hukum membaca Alquran pakai Hp ini sama dengan kita membaca Alquran dalam bentuk jilid seperti buku atau kitab. Artinya kita harus berwudhu terlebih dahulu.

Demikian penjelasan singkat mengenai hukum membaca Al Qur'an pakai HP. Semoga dapat mencerahkan niat ibadah Anda.

Editor: Eko Fajri