Konsumsi Madu Selama Puasa, Ini Manfaat yang Bisa Didapat

.
. (Net)

KLIKPOSITIF - Fakta mengatakan, mengkonsumsi madu selama puasa dapat memberi manfaat yang luar biasa. Salah satunya manfaat kesehatan , lewat zat manis padat yang memberi energi tubuh selama puasa .

Madu murni asli memiliki kandungan gula alami, fitonutrien, mineral, enzim, dan vitamin, yang tentu bermanfaat bagi tubuh. Tiga utama komponen madu seperti fruktosa, glukosa, dan air ini juga memberi energi saat menjalankan puasa .

baca juga: Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, Perawat SPH: Kebersihan Tangan Dapat Pengaruhi Kesehatan

Melansir dari buycrimson, mengkonsumsi madu saat perut kosong setelah seharian berpuasa, dapat memberi nutrisi penting dan menambah energi lewat glukosa.

Selain itu, madu dapat membantu pencernaan sekaligus mengatasi kembung dan sulit buang air besar.

baca juga: PIRA Sumbar Berbagi Nasi Kotak dan Takjil, Andre Rosiade ajak Kader Gerindra Turun ke Lapangan

Senada dengan itu, mengkonsumsi madu juga membantu kualitas tidur lebih baik, sekaligus memperbaiki tubuh dan membantu otak melepaskan hormon melatonin selepas tidur.

Melansir dari Healthline, madu juga merupakan sumber antioksidan yang baik, yang dapat menangkal sel radikal bebas sekaligus menangkal penyakit kronis seperti kanker dan juga jantung.

baca juga: DPR: Benahi Regulasi di Pintu Masuk Indonesia

Bagi yang ingin menurunkan tekanan darah, madu menjadi satu-satunya cara untuk Anda konsumsi saat berbuka maupun sahur. Fakatnya, kandungan senyawa antioksidan pada madu ini dapat menjaga tekanan darah yang rendah.

Hal ini dilakukan lewat uji coba tikus dan manusia, yang menunjukkan adanya penurunan tekanan darah saat mengkonsumsi madu .

baca juga: Kerahasiaan Malam Lailatul Qadar, Habib Syech Jelaskan Cara Meraihnya

Manfaat lain yang perlu Anda ketahui, mengkonsumsi madu juga dapat menyembuhkan luka bakar. Hal ini dilakukan lewat tinjauan 26 studi terkait madu dan perawatan luka, yang efektif menyembuhkan luka bakar setelah operasi sebesar 43,3 persen.

Tak hanya itu, madu juga mengobati kondisi kulit lainnya, seperti psoriasis dan lesi herpes

Editor: Eko Fajri