Ini Manfaat Infused Water bagi Tubuh Orang yang Berpuasa

Infuse water
Infuse water (net)

KLIKPOSITIF - Tetap terhidrasi saat berpuasa sangatlah penting. Tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam ketika sedang berpuasa . Itu sebabnya, kita dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan air putih saat sahur dan berbuka guna mencegah dehidrasi atau kurangnya cairan.

Meski waktu minum cairan tidak sebanyak biasanya, kebutuhan cairan tubuh tetap tidak berubah. Waktu minum yang lebih singkat ini sebaiknya tetap mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama Anda berpuasa .

Akan tetapi, nyatanya tidak semua orang suka minum air putih biasanya dalam jumlah banyak. Atas dasar inilah biasanya orang berpikir untuk mengganti asupan air putih biasa dengan minum infused water saat puasa.Infused water sebenarnya tidak jauh berbeda dengan air putih biasa. Hanya saja, ada tambahan potongan sayur, rempah, herbal, dan buah-buahan di dalamnya. Pemberian potongan bahan-bahan tersebut pada infused water bukan hanya berguna untuk menambah rasanya, tetapi juga dapat memperkaya manfaat zat gizi di dalamnya saat puasa.

baca juga: Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, Perawat SPH: Kebersihan Tangan Dapat Pengaruhi Kesehatan

Menurut UPMC Health Beat, ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari infused water tergantung dari bahan yang dicampurkan ke dalamnya. Ketika memasukkan potongan buah lemon dan jeruk yang merupakan sumber vitamin C, Anda akan mendapatkan manfaat buah tersebut.

Selain menambah asupan vitamin C, jeruk juga bermanfaat memberikan efek relaksasi, mengatasi kembung, hingga meningkatkan laju metabolisme tubuh. Metabolisme sendiri adalah proses mengubah zat gizi yang dimakan agar menghasilkan energi. Energi yang diperoleh ini dapat digunakan untuk mendukung aktivitas Anda selama berpuasa .

baca juga: DPR: Benahi Regulasi di Pintu Masuk Indonesia

Begitu pula ketika Anda mencampurkan air putih biasa dengan sayur, buah, dan rempah-rempah lainnya, manfaat yang didapat juga beraneka ragam. Menariknya lagi, infused water disebut-sebut juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini benar adanya mengingat ada tambahan sayur, buah-buahan, herbal, dan rempah di dalam air putih.

Dengan begitu, minum infused water bisa turut menjaga kesehatan tubuh saat puasa. Ini berkat kandungan yang ada di dalam infused water untuk membantu melindungi tubuh dari serangan penyakit selama puasa.

baca juga: Hari Ini 78 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Seorang Pasien Meninggal Dunia

Editor: Ramadhani