Ini Tips Menjaga Imun Selama Ramadan

Madu
Madu (net)

KLIKPOSITIF - Menjaga kekebalan tubuh begitu penting terlebih saat berpuasa Ramadan di masa pandemi ini. Meningkatkan kekebalan tubuh tidak hanya lewat suplemen vitamin saja, sejumlah bahan alami ini juga dapat memberi kekebalan tubuh yang sama.

Dilansir dari Healthshots, berikut lima bahan ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda di rumah.

Madu

baca juga: Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, Perawat SPH: Kebersihan Tangan Dapat Pengaruhi Kesehatan

Madu dikenal karena manfaat kesehatannya, sekaligus menangkal penyakit usus, tenggorokan, dan juga kulit. Manfaatkan madu ini di rumah Anda, tambahkan ke dalam roti maupun minuman segar.

Lidah buaya

baca juga: DPR: Benahi Regulasi di Pintu Masuk Indonesia

Lidah buaya dikenal karena adanya kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, salah satunya meningkatkan sistem kekebalan. Sumber pada lidah buaya ini, yakni kalsium, magnesium, asam folat, vitamin C, A, dan E.

Bawang putih

Manfaatkan bawang putih ini di rumah Anda sebagai bumbu penyedap rasa. Karena, kandungan bawang putih dapat menyehatkan usus, sekaligus mengatasi sembelit dan obesitas.Jahe

baca juga: Kerahasiaan Malam Lailatul Qadar, Habib Syech Jelaskan Cara Meraihnya

Jahe merupakan bumbu dapur yang bisa mengatasi sakit tenggorokan dan hidung mampet. Sifat anti-inflamasi ini juga membantu Anda meredakan penyakit di dalam tubuh, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan. Tambahkan jahe ini ke dalam teh Anda.

Lemon

baca juga: Hari Ini 78 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Seorang Pasien Meninggal Dunia

Kandungan vitamin C yang ada di buah lemon, dapat membantu melancarkan pencernaan sekaligus.

Editor: Ramadhani