Hasil RIset, Berpuasa Membuat Massa Lemak dalam Tubuh Menurun

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Salah satu manfaat berpuasa bagi tubuh adalah penurunan kadar lemak dalam tubuh. Kondisi tersebut telah dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) terhadap 750 dokter dan perawat.

"Riset dilakukan di RSCM dengan menjadikan subjek para dokter, perawat, dan ahli gizi. Tujuannya ingin melihat bagaimana komposisi tubuh bila berpuasa. Ternyata kita bisa lihat terjadi di massa lemak turun, tetapi massa protein," kata dokter spesialis Penyakit dalam Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD., dalam webinar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dilansir dar Suara.com.

baca juga: Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, Perawat SPH: Kebersihan Tangan Dapat Pengaruhi Kesehatan

Dokter Ari menjelaskan bahwa penurunan massa lemak itu terjadi karena kebutuhan energi yang diperlukan untuk beraktivitas tetap sama. Tetapi lantaran sepanjang siang hari berpuasa, sehingga tubuh membakar lemak sebagai cadangan sumber energi. Jika kadar lemak tidak mencukupi untuk aktivitas harian, tubuh akan membakar massa protein sebagai sumber energi.

Tetapi selama puasa Ramadan 14 jam sehari, dokter Ari mengatakan, tidak akan sampai membuat tubuh membakar massa protein sehingga tidak menganggu imunitas tubuh. " Puasa kita selama 14 jam ini hanya lemak saja yang dihancurkan. Jadi tidak akan mempengaruhi imunitas tubuh karena lemak saja yang dihancurkan bukan proteinnya," katanya.

Penelitian itu berlanjut hingga delapan hari pasca Idulfitri. Ternyata ditemukan bahwa massa lemak para tenaga kesehatan itu kembali normal setelah tidak lagi berpuasa. Hasil riset itu sejalan dengan penelitian yang pernah diterbitkan dalam nutrition journal yang menyebutkan bahwa kadar lemak jahat atau LDL menurun.

baca juga: PIRA Sumbar Berbagi Nasi Kotak dan Takjil, Andre Rosiade ajak Kader Gerindra Turun ke Lapangan

Dokter Ari menjelaskan bahwa LDL disebut lemak jahat karena menarik lemak ke organ lain dalam tubuh. Sebaliknya HDL atau lemak baik justru meningkat dalam tubuh seseorang yang menjalani ibadah puasa .

Editor: Ramadhani