Anda Baru Menikah, Ini Kelengakapan Dapur yang Sangat Diperlukan

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Bagi anda yang baru saja menikah, memulai keluarga baru merupakan sebuah proses penuh tantangan. Jika sebelumnya masing-masing tinggal bersama orangtua, maka menghuni rumah baru dan melengkapi isi hunian dengan peralatan rumah tangga merupakan sebuah kepastian.

Salah satu yang terpenting dalam melengkapi hunian adalah melengkapi isi dapur. Dapur merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan rumah tangga. Untuk bisa menunjang fungsi dapur yang optimal berikut ini daftar peralatan yang wajib ada di dapur dilansir dari Suara.com.

baca juga: Ini Pengobatan Rumahan yang Dapat Meredakan Gejala Gatal pada Miss V

Kompor

Sudah pasti kompor menjadi peralatan yang wajib ada. Hampir semua kegiatan masak-memasak butuh kompor. Ingat, sekarang Anda bukanlah anak kos lagi. Jadi, sebaiknya Anda membeli kompor gas yang layak, minimal dua tungku, untuk memudahkan Anda dalam multitasking di dapur. Sebagai alternatif, Anda juga bisa membeli kompor induksi, yaitu kompor tanpa api yang menggunakan tenaga listrik. Namun, Anda harus siap dengan tagihan listrik yang membengkak jika menggunakan kompor induksi. Tipsnya, pertimbangkan seberapa sering Anda menggunakan kompor dan bandingkan hitungan antara pengeluaran untuk gas dan pengeluaran untuk listrik pada masing-masing kompor.

Pisau dan talenanMenurut Indonesian Chef Association, ada 11 jenis pisau dapur yang sering digunakan, yaitu pisau serbaguna, pisau roti, pisau kupas, pisau daging, pisau boning, pisau keju, pisau ukir, filleting knife, pisau sayuran, pisau pencacah, dan utility knife. Sebagai pelengkap, sediakan pula talenan. Permukaan talenan yang rata namun bertekstur membantu mempermudah Anda melakukan kegiatan iris-mengiris, terutama untuk bahan-bahan yang bersifat basah. Saran, pilih talenan dengan ukuran minimal 30cm x 20cm. Dengan bidang yang luas, Anda bisa mengiris dengan lebih nyaman.

Penggorangan dan panci

baca juga: Mau Sukses Seleksi CPNS? Coba Ikuti Kiat Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN Ini

Penggorengan dan panci sangat penting untuk Anda miliki. Fungsi utama keduanya yaitu untuk mengolah masakan. Penggorengan atau wajan berfungsi untuk menggoreng dan menumis, sedangkan panci berfungsi untuk merebus, mengukus, steam, dan lainnya. Ada banyak sekali pilihan yang bisa Anda pilih.

Mengutip dari Resep Koki, wajan dan panci memiliki aneka jenis yang berbeda. Ada empat jenis penggorengan dan panci yang paling umum digunakan pada dapur rumah . Untuk penggorengan ada frying pan, yang oleh orang Indonesia banyak dikenal dengan sebutan teflon (meski sebenarnya teflon adalah nama material untuk pembuatan wajan). Lalu saute pan, yang bentuknya seperti frying pan tetapi memiliki kedalaman yang lebih dalam ketimbang frying pan. Ada pula wok, wajan tradisional dengan dasar membulat, seperti yang banyak digunakan tukang nasi goren. Terakhir adalah grill pan, yaitu pan yang memiliki tekstur garis atau tekstur lainnya yang berfungsi untuk memanggang. Tekstur ini untuk menjaga agar daging atau bahan makanan tidak menempel sepenuhnya di dasar penggorengan.

Perangkat lain-lain

baca juga: Jangan Sembarangan Pilih Warna Baju Renang Bagi Anak, Sebaiknya Hindari Warna Ini

Perangkat lain ini adalah perangkat untuk membantu Anda mempermudah pekerjaan di dapur atau meningkatkan keamanan Anda selama di dapur. Spatula

Setidaknya dua spatula yang harus ada. Pertama sodet atau spatula untuk menggoreng, lalu spatula untuk mengangkat atau memindahkan bahan makanan cair-kental seperti adonan kue atau yang lain.

baca juga: Ini Tips Move On setelah Patah Hati Karena Pasangan Selingkuh

Saringan

Anda juga butuh saringan. Paling tidak Anda membutuhkannya untuk meniriskan air rebusan mi instan atau meniriskan minyak dari makanan yang Anda goreng.

Perangkat elektronik untuk menunjang kepraktisan

Lauk-pauk dan sayur-sayuran memang lebih enak jika dimasak di atas kompor, entah itu digoreng atau direbus. Namun, ada makanan lain yang bisa Anda masak dengan cara yang praktis. Nah, untuk membantu kehidupan urban Anda yang dinamis, ini perangkat elektronik yang wajib ada di dapur.

Rice-cooker

Karena praktis dan harganya relatif terjangkau, rasanya sudah jarang melihat orang di kota-kota besar yang memasak nasi dengan cara menanak dengan dandang. Di mana beras direbus dahulu lalu kemudian dikukus. Dengan rice-cooker, Anda tinggal memasukkan beras yang sudah dicuci, tambahkan air, tutup, dan tekan satu tombol. Selesai. Sambil menunggu nasi matang, Anda bisa mengerjakan pekerjaan yang lain. Saran, saat ini sudah banyak rice-cooker (dengan segala istilahnya) multifungsi. Jadi, selain memasak nasi, benda ini juga bisa digunakan untuk mengukus kue dan merebus sayur.

Editor: Ramadhani