Menkes: Indonesia Peringkat ke-8 Negara Tercepat Lakukan Vaksinasi Covid-19

Salah seorang jurnalis di Padang divaksin
Salah seorang jurnalis di Padang divaksin (KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Indonesia menduduki peringkat ke-8 negara yang tercepat melakukan vaksinasi Covid-19 di dunia. Pasalnya kata Budi, pemerintah sudah melakukan vaksinasi sebanyak 12,7 juta per Minggu (4/4/2021).

"Kemarin (Minggu) kita sudah bisa mencapai 12,7 juta vaksinasidibandingkan minggu lalu yang menembus 10 juta. Jadi dalam satu minggu kita sudah bisa menambah 2,5 juta vaksinasi , menempatkan Indonesia di posisi ke delapan dunia," ujar Budi dalam jumpa pers, Senin (5/4/2021) dilansir dari suara.com (jaringan KLIKPOSITIF .com).

baca juga: Tidak Diproduksi di Tanah Air, Pemerintah Buru 3 Jenis Obat COVID-19 Ini

Budi menuturkan jika empat negaraprodusen vaksin Covid-19 tidak berada dalam daftar posisi tersebut, Indonesia berada pada posisi empat dunia.

"Kalau kita keluarkan negara-negara yang memproduksi vaksin sendiri, sehingga tidak ada masalah darisupplyvaksinnya, kita nomor 4 di dunia," ucap dia.

baca juga: Sumbar Minta Tambah 800 Ribu Vaksin untuk Antisipasi COVID-19

Menkes Budi menyebut, posisi Indonesia tersebut dapat menepis anggapan skeptisisme dari media internasional terhadap Indonesia.

Budi menuturkan posisi Indonesia yang berada di posisi ke delapan negara yang tercepat vaksinasi , tak lepas dari kerjasama semua pihak.

baca juga: Vaksinasi di Kabupaten Kepulauan Mentawai Masih Minim, Ini Alasannya

"Ini bagus untuk menjawab skeptisnya banyak majalah-majalah internasional terhadap Indonesia. Dan saya ucapkan terima kasih karena itu merupakan kerja sama bersama-sama," katanya.

Editor: Rezka Delpiera