Ini Enam Hal yang Bisa Dilakukan Sebelum Memasuki Ramadan

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Sekira dua pekan lagi bulan suci Ramadan akan datang menghampiri.

Satu dari sekian banyak bulan yang dianggap spesial bagi umat Islam seluruh dunia untuk berlomba-lomba dalam kebaikan.

baca juga: Hasil Survei: Pandemi Covid-19 Tingkatkan Religiusitas Masyarakat

Pada Bulan Ramadan, setiap amalan yang dilakukan dilipat gandakan pahalanya.

Layaknya kompetisi yang membutuhkan latihan, maka menjelang Ramadan pun harus ada persiapan-persiapan yang dilakukan.

baca juga: Pemko Padang Bolehkan Masjid dan Musala Laksanakan Shalat Idul Adha, Ini Syaratnya

Dikutip dari Ayobandung.com ini beberapa amalan yang dapat dipraktekkan sebelum memasuki Ramadan.

1. Perbaiki hubungan dengan Allah melalui taubat nasuha

baca juga: Mau Salat Idul Adha di Rumah? Simak Dulu Tatacaranya

Manusia tidak pernah luput dari salah dan dosa, Ustaz Oemar Mita dalam ceramahnya menjelaskan kemaksiatan dapat menutupi kenikmatan beribadah. Maka perbanyak istighfar agar hati menjadi lapang dan tenang ketika melakukan ibadah , terkhusus menuju Ramadan.

2. Memperbanyak doa agar sampai pada bulan Ramadan

baca juga: Jika Shalat Idul Adha di Rumah Tanpa Khutbah Apakah Sah? Ini Kata MUI

Salah satu ketetapan yang pasti akan terjadi pada manusia adalah kematian. Ada tiga hal yang Allah rahasiakan dari kematian, yakni waktu, tempat, dan kejadian/sebab kematiannya.

Oleh karena ketidaktahuan kita terhadap waktu kematian yang bisa saja terjadi sebelum Ramadan, maka berdoa menjadi tanda kesungguhan kita kepada Allah agar dipertemukan kembali dengan Ramadan.

3. Mencari ilmu

Untuk mendapatkan keberkahan dari Ramadan, kita harus mengetahui apa saja amalan dan faedah yang ada di bulan suci tersebut. Cara untuk mendapatkan keberkahan diperoleh dengan ilmu, karena tanpa ilmu, amalan yang dilakukan hanya sekadar perbuatan fisik tanpa tahu esensinya.

4. Berpuasa sunnah

Ibadah puasa merupakan juga ibadah fisik karena berkaitan dengan menahan makan dan minum. Persiapan Ramadan dengan berpuasa sunnah dapat menjadi latihan bagi kita guna membiasakan tubuh menahan lapar dan haus selama puasa .

5. Memperbanyak baca Al-Qur'an

Bulan Ramadhn adalah bulan diturunkannya Al-Qur'an, begitulah Allah muliakan bulan ini. Sebagai seorang Muslim , kesempatan ini sayang untuk dilewatkan.

Satu hurufnya diganjar 10 kebaikan, bayangkan berapa banyak kebaikan yang akan didapat ketika kita membacanya di bulan suci Ramadan.

6. Silaturahim

Selain mengikat hubungan dengan Allah, menjalin silaturahim juga perlu dilakukan kepada sesama manusia. Terkadang tanpa kita sadari ucapan yang kadang melewati batas menyakiti saudara sesama muslim .

Silaturahim inilah yag menjadi ajang untuk saling memaafkan satu sama lain, terlepas dari kesalahan yang disengaja maupun tidak.

Editor: Eko Fajri