Awas, Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Sarapan

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

KLIKPOSITIF - Sarapan memang dikenal menyehatkan dan memberikan energi untuk Anda di pagi hari. Tak hanya itu, sarapan pagi umumnya bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Menurut sebuah penelitian dari National Weight Control Registry, 78 persem orang yang mampu menurunkan berat badan dan mempertahankannya tetap sarapan setiap hari.

baca juga: Ingin Cepat Pulih dari Sakit? Konsumsi Makanan-makanan Ini

Namun sarapan bisa menjadi masalah untuk kesehatan jika makanan yang Anda konsumsi tak tepat. Melansir dari Eat This, berikut beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari saat sarapan .

1. Sereal Sarapan Manis

baca juga: Grand Opening Hari Ini, Esteh Indonesia Padang Hadirkan Promo Menarik

Bukanya bikin sehat, namun memulai hari Anda dengan semangkuk sereal manis dapat membuat Anda merasa lapar segera.

"Ditambah, sereal manis juga cenderung tinggi gula dan rendah protein. Juga perlu diingat bahwa bahkan sereal yang mengklaim dibuat dengan biji-bijian sering kali mengandung sangat sedikit biji-bijian yang sebenarnya," kata Kelli McGrane MS, RD, ahli diet terdaftar dan Lose It! konsultan nutrisi.

baca juga: 4 Kebiasaan Ini Kurang Sehat di Konsumsi Untuk Sarapan

2. Sosis

Meski sosis merupakan makanan yang dimakan banyak orang untuk sarapan , namun sosis bukanlah pilihan sarapan pagi yang bergizi.

baca juga: Hindari Konsumsi Hal Berikut Saat Perut Kosong

"Sosis dibuat dari daging giling, lemak, bumbu, perasa, dan pengikat," kata Roxana Ehsani, MS, RD , CSSD, LDN, ahli gizi ahli gizi terdaftar, dan Juru Bicara Akademi Nutrisi dan Diet.

"Sosis cenderung tinggi natrium (dapat meningkatkan tekanan darah), tinggi lemak jenuh (dapat meningkatkan kolesterol jahat LDL), dan kalori keseluruhan yang tinggi. Daging olahan seperti sosis telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kronis dan kanker. Daripada memilih sosis di pagi hari, mengapa tidak memilih pilihan protein tinggi lainnya seperti telur, Greek yogurt atau selai kacang seperti almond mentega," ujar Ehsani.

3. Roti Tawar

Roti tawar juga sering kali dikonsumsi sebagai menu sarapan yang sederhana, padahal ini tak menyehatkan.

"Roti tawar membuat gula darah dan energi meningkat dengan cepat dan kemudian jatuh begitu saja," ujar Ehsani.

4. Minuman Kopi Berasa

Sebagian besar minuman kopi beraroma atau berasa mengandung tinggi kalori dan gula. "Konsumsi kopi berperasa untuk sarapan dapat membuat Anda merasa gelisah. Sebagai gantinya, saya merekomendasikan membuat smoothie kopi di rumah dengan minuman dingin, pisang, mentega almond, dan madu murni yang lezat," kata Maggie Michalczyk, RDN, ahli gizi ahli diet terdaftar di Once Upon a Pumpkin.

Sumber : suara.com

Editor: Haswandi