Sejumlah Vitamin Ini Bisa Bantu Mencegah Stres

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pekerjaan dan persoalan dalam hidup sering membuat banyak orang mengalami tekanan yang berujung pada stres. Stres dan kecemasan dapat mengganggu stabilitas mental dalam jangka panjang.

Ahli gizi mengungkap manfaat beberapa nutrisi tertentu yang dapat membantu Anda mengatasi stres dan cemas. Ada beberapa vitamin dan mineral yang diketahui dapat melawan segala kekhawatiran Anda. Dilansir melalui Healthshots, ahli gizi selebriti, Manisha Chopra, menyebut bahwa otak kita membutuhkan vitamin agar berfungsi secara efektif.

baca juga: PPKM Diperpanjang, Politisi PKS Sebut Hal Ini Jadi PR dan catatan Besar Pemerintah

Vitamin-vitamin ini berdampak besar pada kesehatan mental kita. Jika ada kekurangan vitamin dalam tubuh Anda, Anda mungkin mengalami masalah neurologis yang berdampak pada kesehatan emosional. "Vitamin dan mineral dapat membantu Anda mengelola berbagai masalah yang berhubungan dengan kesehatan mental seperti depresi, stres, kecemasan, dan bahkan perubahan suasana hati. Mereka juga dikenal bisa meningkatkan kesehatan otak," jelasnya.

Berikut sejumlah asupan vitamin yang dapat membantu Anda mengatasi stres dan cemas.

Vitamin B

baca juga: Ini Pengobatan Rumahan yang Dapat Meredakan Gejala Gatal pada Miss V

Vitamin B membantu menyeimbangkan kadar gula darah, yang pada akhirnya mengurangi kecemasan. Ini juga berperan dalam sintesis serotonin, yang membantu mengurangi depresi dan kecemasan.

Sumber: Telur, polong-polongan, produk susu, sayuran berdaun, biji-bijian, dan daging. Berapa banyak yang harus dikonsumsi: 2,4 mcg per hari. Waktu terbaik untuk mengonsumsinya: Saat perut kosong, di pagi hari

Vitamin D

Vitamin D membantu otak Anda tetap sehat, dan juga mengurangi kemungkinan terkena penyakit mental. Ini mengandung biokimia seperti hormon, yang membantu mempertahankan fungsi otak.Sumber alami: Sinar matahari, kuning telur, ikan berminyak, dan daging merah. Berapa banyak yang harus dikonsumsi: 1000-2000 IU per hari.

baca juga: Penelitian: Satu Dosis Vaksin AstraZeneca Bisa Berikan Tingkat Perlindungan 88 Persen

Waktu terbaik untuk mengonsumsi: Saat makanVitamin C

Vitamin C membantu mencegah kerusakan oksidatif di sistem saraf Anda. Kerusakan oksidatif meningkatkan kecemasan. Vitamin C membantu mengurangi stres fisik dan psikologis.

Sumber alam.i: Jeruk, stroberi, brokoli, paprika, bayam, kiwi, dan kangkung. Berapa banyak yang harus dikonsumsi: 40 mg. Waktu terbaik untuk mengonsumsinya: Saat perut kosong

Magnesium

baca juga: Agar Sayuran Tidak Kehilangan Gizi, Begini Cara Memasaknya

Magnesium memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga fungsi otak serta suasana hati Anda. Selain itu, ini juga membantu mengurangi kecemasan. Kekurangan magnesium meningkatkan risiko depresi.Sumber alami: Quinoa, gandum utuh, bayam, kacang mete, cokelat hitam, almond, dan kacang hitam. Berapa banyak yang harus dikonsumsi: 400 mg. Waktu terbaik untuk mengkonsumsi: Kapan saja

Selenium

Selenium membantu dalam mengurangi risiko pengembangan depresi, dan juga gejala yang berhubungan dengan kecemasan. Sumber alami: Makanan laut, sereal dan biji-bijian, produk susu. Berapa banyak yang harus dikonsumsi: 55 mcg. Waktu terbaik untuk mengkonsumsi: Kapan saja

Editor: Ramadhani