Anda Kesepaian, Penelitian: Cobalah Memelihara Tanaman dalam Ruangan

ilustrasi
ilustrasi ((Unsplash))

KLIKPOSITIF - Di masa pandemi Covid-19, semakin banyak orang yang mengalami gangguan kesehatan mental, salah satunya adalah kesepian . Dan jika Anda termasuk salah satu yang mengalaminya, cobalah untuk memelihara tanaman dalam ruangan, karena menurut penelitian tanaman bisa menurunkan tingkat kesepian seseorang.

Mengutip Insider, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiological Anthropology menemukan jika berinteraksi atau merawat tanaman bisa mengurangi stres di antara para responden.

baca juga: Sering Merasa Pusing Saat Berpuasa, Ini Sejumlah Penyebabnya

Penelitian ini juga membuktikan jika karyawan bisa lebih produktif saat ada tanaman di dalam ruang tempat kerja.

Bahkan rasa kesepian bisa berkurang saat seseorang berinteraksi dengan tanaman di dalam ruangan. Ini karena tanaman adalah makhluk hidup yang terus bertumbuh dan berubah.

baca juga: Riset: Seseorang yang Kurang Aktivitas Fisik Berpotensi Alami Gejala Lebih Parah Jika Terpapar Covid-19

"Ini karena Anda punya sesuatu yang harus dirawat dan dijaga," ujar Terapis Hortikultura di RUSK Rehabilitation NYU Langone Health.

Selain itu, penelitian yang dilakukan NASA juga menemukan jika tanaman terbukti bisa membersihkan udara dari bahan kimia beracun, seperti amonia.

baca juga: Kapan Harus Mengganti Ban Motor? Ini Ciri-cirinya

Ya, walaupun sebagian besar orang tidak terlalu khawatir dengan udara yang beracun.

"Oksigen dari tanaman mendetoksifikasi udara dari tanaman, itu udah sangat luar biasa," ujar Robert Syska, CEO NY Horticulture Group.

baca juga: Ini Tips Menjaga Imun Selama Ramadan

Editor: Eko Fajri