Musisi, Seniman dan Pelaku Industri Kreatif Ramai-ramai Buat Surat Terbuka Untuk Presiden Jokowi, Ini Kata Pradikta Wicaksono

Pradikta Wicaksono alias Dika
Pradikta Wicaksono alias Dika (Suara.com/Yuliani)

KLIKPOSITIF - Musisi Pradikta Wicaksono alias Dika turut menanggapi surat terbuka musisi untuk Presiden Joko Widodo. Dikta mengakui, isi surat tersebut merupakan uneg-uneg para musisi yang tak bisa manggung selama pandemi.

"Ya itu sebenarnya suara kami sebagai seniman ya, terutama musisi . Karena kan pekerjaan kami itu berhubungan sama orang banyak, jadi menurut saya itu kaya unek-unek aja, biar didengar sama Pak Presiden," kata Dikta saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (4/3/2021).

baca juga: Ahmad Dhani : Harus Diakui, Jujur Nggak Ada Slank Nggak Ada Dewa 19

"Karena lahan kerjaan kami memang di situ. Jadi uneg-uneg gimana caranya supaya kami tetap kerja, tapi jaga protokol, bisa tetep jaga kesehatan juga," kata Dikta.

Vokalis dan gitaris grup Dikta Project serta vokalis Yovie & Nuno itu mengaku mendukung surat tersebut. Dikta sendiri menilai isi surat tersebut positif.

baca juga: Beri Hadiah Karikatur untuk Indra Catri, Seniman: Tetap Bimbing Kami

"Gini, itu surat isinya positif ya menurut saya, itu kan keluh kesah kami sebagai musisi . Memang keluh kesah 'pak (Jokowi) saya mau kerja lagi', mau menghibur lagi. Kan kalau kami main musik yang terhibur bukan cuma yang nonton, kami yang main terhibur juga," imbuh lelaki 35 tahun ini.

Oleh karena itu, surat tersebut lebih kepada curhatan untuk Presiden. Berharap ada solusi untuk mereka kembali bernyanyi dan bermain musik.

baca juga: Pernah Menolak Meneruskan Promosi Lagu Barunya, Rizky Febian : Titik Terendah Aku di Tahun 2020

"Jadi itu kayak, 'gimana dong pak kerjaan kita di situ'. Jadi berharap solusi atau apa," katanya menambahkan.

Dikta sendiri mengaku tak ada pekerjaan manggung selama pandemi. Beberapa virtual pun kini sudah tak ada lagi.

baca juga: Berencana Usung Adat Melayu di Resepsi Pernikahan, Ifan Seventeen : Pengennya Sih Outdoor

"Kebetulan nggak (ada job panggung) kalau banyak pasti tidak akan ada surat itu dari musisi -musisi. Bukan nggak terlalu banyak memang nggak ada. Paling beberapa virtual, tapi makin ke sini orang juga bosen virtual ya. Kita kan main musik itu butuh energi dari yang nonton, penonton juga gitu, lama-lama orang pasti kan 'haaah'," tutur Dikta.

Seperti diketahui, para musisi , seniman, dan pelaku industri kreatif kompak mengunggah surat terbuka yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo pada hari Rabu, 3 Februari 2021. Mereka antara lain co-founder M Bloc Wendi Putranto, Stevi (Deadsquad), Coki (Netral), Giox (Superglad), True Megabenz alias Eben (Burgerkill), sampai akun promotor musik Rajawali Indonesia.

Terdapat 14 asosiasi yang turut serta dalam kampanye ini. Mereka adalah APMI (Asosiasi Promotor Musik Indonesia), AVJI, IMARINDO, ASPERAPI IECA, Forum Jazz Indonesia, IVENDO, Forum Backstagers Indonesia, PECAHIN, FESMI, STAMINA, PKPE, IPAMI, SPMI, dan Jogja Festivals.

Surat terbuka ini juga diserahkan kepada sejumlah pihak pemangku kepentingan. Di antaranya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, dan Ketua Satgas Covid-19 Nasional Doni Monardo.

Sumber : suara.com

Editor: Haswandi