Tidak Hanya Untuk Cegah Bau Mulut, Ini 3 Masalah Kesehatan Jika Malas Menyikat Gigi

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Jika Anda menganggap menyikat gigi adalah aktivitas sepele yang tidak perlu dilakukan setiap hari, maka Anda salah besar. Melewatkan kebiasaan penting ini akan membawa Anda ke dalam banyak masalah. Alasannya, karena mulut Anda adalah pusat bakteri , dan tepatnya ada sekitar 300 jenis bakteri yang hidup di mulut Anda.

Menurut Dr. Anil Kohli, kebersihan mulut yang baik tidak hanya penting untuk kesehatan gigi dan gusi, tetapi juga untuk kesehatan secara keseluruhan.

baca juga: Sering Merasa Pusing Saat Berpuasa, Ini Sejumlah Penyebabnya

"Mulut menyimpan banyak bakteri , kebanyakan tidak berbahaya. Protokol menyikat gigi setiap hari menjaga tingkat bakteri pada tingkat yang optimal. Malas menyikat gigi setiap hari menyebabkan peningkatan kadar bakteri , sehingga menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi. Aspek penting lainnya dari mulut yang sehat adalah hubungan langsungnya dengan saluran pencernaan dan pernapasan tubuh. Sejumlah penyakit jantung dan perut terbukti terkait dengan peningkatan kadar bakteri yang ada di mulut" kata Dr Kohli, seperti dilansir melalui Healthshots.

Orang mungkin berpikir bahwa melewatkan sesi menyikat gigi selama beberapa hari tidaklah berbahaya. Padahal, penelitian telah menunjukkan bahwa hanya membutuhkan waktu 48 jam bagi endapan lunak yang disebut plak berubah menjadi endapan keras yang disebut karang gigi .

baca juga: Riset: Seseorang yang Kurang Aktivitas Fisik Berpotensi Alami Gejala Lebih Parah Jika Terpapar Covid-19

Begitu endapan karang gigi muncul di permukaan gigi , maka akan sulit untuk menghilangkannya dengan menyikat, mengakibatkan lingkaran setan, yang mengakibatkan semakin banyak endapan yang menumpuk di permukaan gigi . Endapan ini kemudian mulai melemahkan struktur gigi , memberikan bau pada mulut, dan juga membuka jalan bagi penyakit gusi lainnya.

"Sekarang kita tahu bahwa menyikat gigi itu penting, tapi menyikat gigi dengan cara yang benar dan pada waktu yang tepat (pagi dan malam) sama pentingnya. Ingatlah bahwa menyikat gigi dengan cara yang tidak memadai, tidak tepat, dan jarang, sama dengan tidak menyikat gigi sama sekali. Seseorang harus terlebih dahulu mempelajari teknik menyikat gigi yang benar dan kemudian mengikuti jadwal waktu untuk menyikat gigi dua kali sehari," kata Dr Kohli.

baca juga: Ini Tips Menjaga Imun Selama Ramadan

Dan, inilah dia beberapa risiko kesehatan di luar masalah gigi dan mulut, yang mungkin akan terjadi jika Anda tidak rutin menyikat gigi .

1. Demensia

baca juga: Hasil RIset, Berpuasa Membuat Massa Lemak dalam Tubuh Menurun

Mulut yang tidak sehat dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh, yang juga akan memengaruhi kesehatan mental Anda. Demikian menurut tinjauan penelitian yang diterbitkan dalamCurrent Neurology and Neuroscience Reports. Dan peradangan otak dapat menyebabkan kerusakan sel-sel otak yang selanjutnya akan menyebabkan demensia.

2. Masalah jantung

Tahukah Anda, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology, orang yang menyikat gigi tiga kali sehari memiliki kemungkinan lebih kecil terkena fibrilasi atrium dan gagal jantung.

3. Masalah usus

Ketika mulut Anda penuh dengan 300 jenis bakteri baik dan jahat, maka masalah usus tidak dapat dihindari, karena bakteri baik yang ada tidak cukup kuat untuk meningkatkan kesehatan usus Anda.

Jadi, pastikan menyikat gigi minimal dua kali sehari. Selain itu, jangan lupa membersihkan gigi dengan benang gigi , berkumur setelah makan, dan mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya serat untuk membantu Anda menjaga kebersihan mulut.

Sumber: Suara.com

Editor: Eko Fajri