Benarkah Air Beras Bisa Menyuburkan Rambut? Ini Kata Ahli

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Air beras atau air cucian beras dikaitkan sebagai salah satu penyumbur rambut yang membuat rambut panjang dan berkilau. Anggapan tersebut belakangan cukup populer di TikTok.

"Air cucian beras seringkali mengandung limpasan tepung dan kadang-kadang beberapa vitamin," kata dokter kulit kota New York Rachel Nazarian, MD, kepada Health. Air beras adalah air sisa cucian beras yang telah dibilas sebelum dimasak.

baca juga: Sering Merasa Pusing Saat Berpuasa, Ini Sejumlah Penyebabnya

Melansir dari Health, sayangnya air beras dan kesehatan rambut belum ada korelasi yang dibuktikan secara ilmiah.

"Namun, air beras mengandung vitamin B dan E yang telah dikaitkan dengan pertumbuhan dan vitalitas rambut ," kata Mona Gohara, MD, seorang profesor dermatologi di Yale School of Medicine,kepada Health.

baca juga: Riset: Seseorang yang Kurang Aktivitas Fisik Berpotensi Alami Gejala Lebih Parah Jika Terpapar Covid-19

Kekurangan vitamin B12 secara khusus dikaitkan dengan rambut rontok. Nazarian menyatakan bahwa mencuci rambut dengan air beras mungkin,menawarkan perbaikan rambut sementara bagi sebagian orang, namun keuntungan ini belum terbukti dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Dokter Gohara mencatat bahwa merendam atau membilas rambut dengan air beras dapat meningkatkan kecerahan rambut karena kandungan vitaminnya. Namun, hal itu tidak akan mempercepat proses pertumbuhan rambut .

baca juga: Ini Tips Menjaga Imun Selama Ramadan

Oleh karenanya, baik Dr. Nazarian dan Dr. Gohara menyarankan perawatan yang direkomendasikan oleh dokter kulit, seperti spironolakton, minoksidil topikal, dan bahkan suntikan plasma kaya trombosit (PRP) yang telah terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut .

Sumber: himedik.com

baca juga: Hasil RIset, Berpuasa Membuat Massa Lemak dalam Tubuh Menurun

Editor: Eko Fajri