Studi Sebut Satu Suntikan Vaksin Pfizer Cegah Varian Baru Virus Corona Menyebar

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Sebuah penelitian baru menunjukkan satu dosis atau satu kali suntikan vaksin Pfizer sudah cukup melindungi jutaan orang yang terinfeksi virus corona Covid-19.

Para peneliti dari Public Health England mengatakan temuan itu berpotensi mempercepat peluncuran vaksin Covid-19, dengan lebih sedikit orang Inggris yang membutuhkan suntikan kedua.

baca juga: Tidak Diproduksi di Tanah Air, Pemerintah Buru 3 Jenis Obat COVID-19 Ini

Salah satu penelitian telah melacak 51 petugas kesehatan di London yang menerima tes virus corona Covid-19 rutin untuk antibodi dan infeksi sejak Maret 2020.

Sekitar setengah dari kelompok itu telah tertular virus corona dan satu kali suntikan vaksin Pfizer membuat tingkat antibodi mereka meningkat 140 kali lipat dari sebelumnya.

baca juga: Agam Catat 78 Kasus Baru Corona, Lubuk Basung Tertinggi

Para peneliti, dari University College London dan Public Health England, mengatakan temuan itu berpotensi mempercepat peluncuran vaksin Covid-19 dan mencegah munculnya varian baru virus corona sebelum menyebar.

"Cakupan yang lebih luas tanpa mengorbankan kekebalan yang diinduksi oleh vaksin dapat membantu mengurangi munculnya varian baru virus corona ," jelas para peneliti dikutip dari The Sun.

baca juga: Hari Ini Dua Pasien COVID-19 di Tanah Datar Meninggal Dunia, Positif 25 Orang

Ada 4 juta kasus virus corona yang dikonfirmasi di Inggris, meskipun para ilmuwan memperkirakan mungkin akan ada lebih banyak kasus virus corona lagi.

Pada puncak wabah virus corona pada Maret 2020 lalu, sangat sedikit tes Covid-19 yang dilakukan untuk mendeteksi skala infeksi. Studi lain oleh Imperial College London mengukur tanggapan kekebalan dari 72 petugas kesehatan yang menerima suntikan vaksin pada akhir Desember 2020.

baca juga: Kota Solok Masuk Wilayah PPKM Level Tiga

Di antara sepertiga dari kelompok yang menunjukkan gejala virus corona sebelumnya, penelitian menemukan bahwa satu kali suntikan vaksin Pfizer memicu respons antibodi yang sangat kuat dan respons sel-T yang sangat kuat.

Editor: Eko Fajri