Ini Cara Turunkan Hipertensi Secara Alami

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Pengukuran tekanan darah yang normal atau sehat adalah kurang dari 120/80 milimeter merkuri (mmHg). Ini artinya, tekanan maksimum darah (tekanan sistolik) 120 dan tekanan minimum (tekanan diastolik) 80.

Ketika tekanan sistolik melebihi 140, atau tekanan diastolik lebih tinggi dari 90, artinya orang tersebut menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

baca juga: Sering Merasa Pusing Saat Berpuasa, Ini Sejumlah Penyebabnya

Sedangkan saat seseorang memiliki tekanan sistolik antara 121 dan 139, serta tekanan diastolik antara 81 hingga 89, artinya ia mengalami prehipertensi.

"Prehipertensi berarti orang tersebut tidak menderita hipertensi, tetapi mereka akan menderita hipertensi di masa depan. Kecuali jika mereka memperbaiki kebiasaan yang tidak sehat," jelas Lauren Munsch Dal Farra, MD, dokter penyakit dalam, ahli jantung dan CEO PALM Health di St. Louis.

baca juga: Riset: Seseorang yang Kurang Aktivitas Fisik Berpotensi Alami Gejala Lebih Parah Jika Terpapar Covid-19

Meskipun hipertensi seringkali tidak memiliki gejala, seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan masalah kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

Ada beberapa cara untuk menurunkan tekanan darah secara alami. Dilansir Womens Health Magazine, berikut langkahnya:

baca juga: Ini Tips Menjaga Imun Selama Ramadan

1. Latihan aerobik secara teratur

Aktivitas fisik merupakan gaya hidup terpenting yang harus dijadikan kebiasaan untuk membantu menurunkan tekanan darah.

baca juga: Hasil RIset, Berpuasa Membuat Massa Lemak dalam Tubuh Menurun

Olahraga terbaik untuk mengurangi tekanan darah (dan kolesterol) adalah latihan aerobik seperti jalan cepat, bersepeda, atau berenang.

2. Mengurangi stres

Seiring waktu, stres kronis tingkat rendah dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, peningkatan detak jantung, dan ketegangan otot.

Dal Farra merekomendasikan untuk berlatih teknik relaksasi seperti meditasi dan peregangan bagi penderita stres.

3. Menurunkan berat badan jika secara medis kelebihan atau obesitas

Tekanan darah naik bersamaan dengan indeks massa tubuh.

"Jadi bagi orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, penurunan berat badan adalah cara paling efektif untuk menurunkan tekanan darah," ujar Dal Farra.

4. Kurangi garam, perbanyak kalsium

American Heart Association menyarankan untuk membatasi natrium atau garam hingga kurang dari 1500 mg sehari untuk mencegah hipertensi.

Memiliki keseimbangan yang sehat dari dua mineral tersebut, yaitu lebih sedikit garam, lebih banyak kalium, sangat penting untuk menjaga tekanan darah yang sehat.

Editor: Eko Fajri