Anda Selalu Mengantuk Setelah Hubungan Seksual, Ini Penjelasannya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Banyak perempuan yang mungkin bertanya, kenapa para pria langsung tidur setelah berhubungan seksual ? Padahal banyak romantis yang bisa dilakukan selain langsung tidur.

Terdapat beberapa alasan kenapa seorang diserang rasa kantuk setelah berhubungan seks. Berikut penjelasannya dilansir dari hallosehat:
Ketika pria orgasme, hormon-hormon yang terkait dengan perasaan kepuasan seksual , yaitu prolaktin, akan keluar juga saat usaha orgasme itu sendiri dicapai. Wanita sebetulnya juga memiliki hormon prolaktin, tapi tidak sebanyak pria. Maka itu tidak heran jika pria sering mengantuk setelah hubungan seks karena daya dan gaya yang dikeluarkan bersamaan dengan naiknya hormon prolaktin tersebut.

baca juga: Sering Merasa Pusing Saat Berpuasa, Ini Sejumlah Penyebabnya

Hormon oksitosin dan vasopresin yang membuat rileks. Banyak orang cenderung menahan dan mengatur napas agar seirama dengan hentakan saat penetrasi atau menyesuaikan gaya bercinta masing-masing. Nyatanya, hormon oksitosin dan vasopresin memengaruhi pembuluh darah agar mengalirkan darah lebih cepat, tentunya mengarah kepada kelamin masing-masing. Hormon tersebut keluar terlepas setelah kembali teraturnya napas seperti sedia kala, maka rasa ngantuk dan rileks pun terjadi.

Selain itu, seks dilakukan malam hari setelah semua orang sekitar terlelap. Hal itu berpengaruh terhadap metabolisme terutama ketika tubuh manusia sudah lelah. Baik wanita dan pria sama-sama mengerahkan seluruh tenaganya untuk mencapai puncak orgasme yang diinginkan. Jika Anda mengidap insomnia, melakukan seks bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa tertidur.

baca juga: Riset: Seseorang yang Kurang Aktivitas Fisik Berpotensi Alami Gejala Lebih Parah Jika Terpapar Covid-19

Sebuah penelitian menjelaskan pria umumnya lebih mengerahkan tenaga lebih saat berhubungan. Memang tidak selalu, namun biasanya pria yang lebih banyak "beraksi" dibanding wanita. Untuk mencapai kepuasan orgasme tersebut, tidak jarang lelahnya sebanding dengan latihan fisik. Umumnya orang yang baru selesai melakukan latihan fisik, akan merasakan lelah dan ngantuk luar biasa.

Editor: Ramadhani