Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Ini Sejumlah Cara Sederhana yang Bisa Anda Coba

ilustrasi: makan penuh protein
ilustrasi: makan penuh protein (net)

KLIKPOSITIF - Banyak cara sehat untuk bisa menurunkan berat badan. Anda juga bisa menurunkan berat badan dengan cara yang sederhaha dan bahkan tanpa olahraga.

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga ini terdengar sebagai sebuah kabar baik. Hanya saja berat badan Anda tidak akan serta merta mengalami penurunan yang drastis. Dilansir dari hallosehat berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan:

baca juga: Ini Tips Menjaga Imun Selama Ramadan

Cara menurunkan berat badan yang efektif adalah memperbanyak makan serat. Makanan yang kaya akan serat membantu Anda untuk merasa kenyang dalam jangka waktu yang lama. Salah satu jenis serat, yaitu serat kental, dapat membentuk gel ketika terjadi kontak dengan air. Gel ini akan meningkatkan waktu untuk menyerap nutrisi dan memperlambat pencernaan, sehingga lambung tidak cepat kosong. Serat kental ini dapat Anda temukan di sereal gandum, sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji rami. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkannya pada suplemen glucomannan.

Cara lainnya adalah mengunyah dengan pelan. Otak butuh waktu untuk memproses apa yang akan kita kerjakan. Begitu juga ketika makan, otak harus memproses bahwa kita sudah cukup kenyang untuk berhenti makan. Mengunyah makan pelan-pelan, merasakan rasa makanan tersebut, lalu menelannya dapat membuat kita sadar bahwa kita sedang makan. Anda mungkin sering marasa tidak benar-benar sadar ketika Anda sedang makan karena otak berkelana memikirkan pekerjaan, tugas sekolah, tugas di rumah, dan masih banyak lagi. Sehingga, otak tidak memiliki waktu untuk memproses bahwa kita sudah kenyang. Menguyah makanan pelan-pelan dapat meningkatkan rasa kenyang, selain itu makanan juga dapat dicerna dengan baik oleh enzim-enzim yang berada di mulut. Kalori yang masuk pun menjadi lebih sedikit. Ulasan dari 23 observasi penelitian yang dikutip Authority Nutrition, menemukan bahwa pemakan cepat lebih mudah berat badannya naik, jika dibandingkan dengan pemakan santai.

baca juga: Hasil RIset, Berpuasa Membuat Massa Lemak dalam Tubuh Menurun

Piring atau wadah makanan bermacam-macam ukurannya. Sediakan piring kecil di rumah atau di mana pun. Ketika Anda membeli makanan yang tidak sehat, gunakan piring ukuran kecil tersebut. Hal ini bisa menjadi trik untuk otak Anda. Piring kecil dapat membuat makanan terlihat lebih besar, otak pun akan menangkapnya seperti itu. Jika Anda menggunakan piring kecil, porsi makanan tidak sehat itu pun menjadi lebih sedikit. Anda juga bisa melakukan trik sebaliknya pada makanan sehat, taruh makanan tersebut di piring yang lebih besar.

Konsumsi banyak protein. Protein memiliki fungsi untuk meningkatkan perasaan kenyang, sehingga dapat membantu Anda untuk memakan sedikit kalori. Hormon ghrelin -- hormon yang menstimulasi rasa kenyang -- dan GLP-1 dapat dirangsang oleh protein. Berdasarkan penelitian yang dikutip oleh Authority Nutrition, partisipan terbantu untuk memakan 441 lebih sedikit kalori per hari dan dapat menurunkan berat badan sekitar 4 kg dalam 12 minggu, tanpa membatasi apa pun, hanya dengan meningkatkan asupan protein 15% hingga 30%.Anda bisa mendapatkan protein dari telur sebagai menu sarapan. Makan telur saat sarapan dipercaya akan membantu memasukan asupan kalori lebih sedikit untuk makan siang, bahkan sepanjang hari dan selama 36 jam ke depan. Protein juga dapat ditemukan pada dada ayam, ikan, Greek yogurt, dan kacang almond.

baca juga: Anak Harus Dijauhkan dari Paparan Asap Rokok, Begini Caranya

Jangan taruh makanan yang tidak sehat di tempat yang terlihatMenaruh makanan atau jajanan yang tidak sehat di tempat terlihat dapat membuat Anda tergiur memakannya lagi dan lagi. Menyamil yang tidak sehat juga dapat menaikkan berat badan. Sering kali, kita menaruh makanan yang tinggi kalori di tempat terbuka, mudah dijangkau, serta memiliki ruang yang lebih banyak dibandingkan dengan tempat untuk menaruh buah. Jika Anda termasuk ke dalam kelompok ini, sebaiknya Anda mulai mengganti caranya sekarang.

Editor: Ramadhani