Hobi Olahraga Lari, Ini Sejumlah Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Lari/Jogging
Lari/Jogging (net)

KLIKPOSITIF - Lari atau jogging merupakan olahraga paling umum dan paling mudah yang bisa dilakukan. Namun selain niat dan waktu luang, ternyata olahraga lari ini juga memerlukan persiapan.

Tak mahal dan dan macam-macam, salah satu persiapan utama untuk melakukan olahraga lari adalah raga yang sehat dengan energi yang fit. Ada juga beberapa hal lain yang perlu disiapkan sebelum melakukan olahraga lari. Salah satunya, makan makanan yang baik.

baca juga: Sering Merasa Pusing Saat Berpuasa, Ini Sejumlah Penyebabnya

Dilansir dari siaran pers Amazfit, berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk melakukan aktivitas fisik olahraga lari:

Siapkan sepatu lari

baca juga: Riset: Seseorang yang Kurang Aktivitas Fisik Berpotensi Alami Gejala Lebih Parah Jika Terpapar Covid-19

Jangan menyepelekan pentingnya alat kaki seperti sepatu saat hendak melakukan olahraga lari. Tak perlu mahal, cukup pastikan nyaman dan aman saat digunakan. Perlu diingat, berlari menggunakan sepatu yang tidak diperuntukkan untuk olahraga lari dapat menyebabkan cedera.

Peregangan atau stretching

Melakukan pemanasan berupa peregangan sebelum lari, ini sangat dianjurkan. Peregangan secara aktif juga dapat melenturkan otot-otot tubuh. Hal lain yang perlu diingat adalah otot seperti karet. Jika kamu masukkan karet di kulkan lalu mencoba menariknya, karet tersebut dipastikan akan patah. Tapi kalau ditarik setelah dihangatkan, karet dapat ditarik lebih mudah.

Tentukan Rute

Saat keluar untuk olahraga lari, sebaiknya kamu sudah menentukan arah dan tujuan atau rute larimu. Pastikan kamu mengetahui rutenya dan aman untuk dilalui pelari. Jangan lupa untuk coba mengajak teman lari bersama. Bersama orang lebih baik daripada sendirian.

baca juga: Ini Tips Menjaga Imun Selama Ramadan

PendinginanSetelah selesai lari, hal penting lainnya adalah menurunkan detak jantung. Kamu bisa mengecek detang jantungmu dengan smartwatch atau jam tangan pintar. Meski sangat lelah, baiknya tidak langsung duduk setelah lari. Sangat penting bagi jantung untuk menurunkan detaknya secara perlahan. Pendingan statis adalah pilihan tepat untuk meringankan detak jantung.

Tetap terhidrasi

Pastikan menggantikan cairan yang terbuang saat lari dengan minum air putih yang cukup. Pastikan juga asupan cairan seharianmu tercukupi. Terakhir, jangan lupa mandi dan bersihkan diri dari kotorang keringat dan debu yang menempel di tubuh.

baca juga: Hasil RIset, Berpuasa Membuat Massa Lemak dalam Tubuh Menurun

Editor: Ramadhani