Bantu Cegah Flu dan Pilek dengan Rutin Konsumsi Ini

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Pola makan sehat dan seimbang yang terdiri dari semua nutrisi penting seperti karbohidrat, mineral, protein, vitamin, omega-3, dan folat berperan besar dalam mencegah penyakit kronis maupun penyakit jangka pendek.

Beberapa buah dan sayuran dikemas dengan nutrisi yang disebutkan di atas, sehingga sangat baik untuk bantu mengobati dan mencegah berbagai penyakit secara alami.

baca juga: Buah Baik untuk Kesehatan, Tapi Berlebihan Juga Bisa Membawa Akibat Buruk

Salah satu di antaranya adalah brokoli. Sayuram hijau ini dianggap sebagai makanan super untuk mengatasi gejala pilek dan flu dalam waktu singkat. Namun tentu saja faktor gaya hidup lain seperti olahraga dan konsumsi buah dan sayuran lain juga berperan penting.

Menurut sebuah penelitian, sayuran silangan seperti brokoli merupakan sumber fitokimia yang sangat baik, termasuk sulforaphane, glukosinolat, fenolat, mineral makanan , dan vitamin antioksidan. Demikian dilansir dari Boldsky.

baca juga: Tape Ketan Bisa Jadi Cemilan Sehat, Ternyata Ini Sejumlah Manfaatnya

Vitamin dalam brokoli termasuk vitamin C, A, E, K. Sedang kandungan mineral termasuk selenium, seng dan besi serta polifenol termasuk quercetin, isorhamnetin dan glukosida. Nutrisi ini bertanggung jawab atas aktivitas antioksidan, antiinflamasi, dan peningkatan kekebalan yang kuat.

Brokoli untuk Mencegah Pilek

baca juga: Jaga Keuangan Anda Tetap Sehat, Ingat 3 Langkah Ini

Pilek adalah penyakit virus yang umum terjadi. Mayoritas masuk angin disebabkan oleh rhinovirus, sejenis virus yang juga dapat memperburuk kondisi penderita asma dan penderita penyakit paru obstruktif kronik.

Tidak ada obat yang disetujui FDA untuk mengobati infeksi rhinovirus. Obat-obatan tersedia hanya untuk menurunkan gejala dan meningkatkan kekebalan. Fitokimia bioaktif yang diturunkan dari tumbuhan memiliki potensi terapi antioksidan dan antiinflamasi bagi manusia.

baca juga: Anda Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Kenali Kondisi Ini

Quercetin, flavonol nabati yang diketahui dapat mengurangi viral load dengan menghambat replikasi virus di sel epitel saluran udara dan mencegah kemacetan saluran udara. Ia juga dikenal untuk menurunkan ekspresi sitokin pro-inflamasi dan meningkatkan fungsi paru-paru.

Brokoli adalah sumber quercetin yang kaya sehingga dapat membantu mengobati infeksi rhinovirus. Studi lain mengungkap keberadaan vitamin C dalam brokoli, yang merupakan vitamin antioksidan kuat. Vitamin ini bersama dengan vitamin E, A dan K dan beta karoten menyebabkan efek perlindungan pada tingkat sel dan mengurangi risiko pilek dan penyakit lainnya.

Brokoli untuk Mencegah Flu

Flu disebabkan oleh virus influenza, yang dapat berlanjut hingga komplikasi parah seperti pneumonia. Meskipun ada vaksin dan obat antivirus untuk flu , mutasi virus dan resistensi terhadap obat adalah penyebab virus masih lazim di seluruh dunia.

Flu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang dan menyebabkan banyak ketidaknyamanan. Selain itu, tidak seperti pilek biasa yang kebanyakan terjadi selama musim dingin, flu dapat terjadi kapan saja sepanjang tahun. Inilah mengapa menjaga kekebalan yang baik sepanjang tahun sangat penting dengan konsumsi makanan bergizi seperti brokoli

Brokoli yang dikukus atau dimasak dapat membantu mengurangi gejala flu hanya dalam beberapa hari. Ini adalah sumber sulforaphane yang secara efektif dapat mengurangi peradangan hidung dan mencegah replikasi virus.

Brokoli diperkaya dengan vitamin K, folat, dan antioksidan, yang semuanya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan untuk melawan agen penyebab penyakit dengan lebih efisien. Sehingga, brokoli bisa mengurangi gejala flu secara alami.

Editor: Eko Fajri