Daun Ini Ternyata Kaya Manfaat, Nomor 5 Tak Terduga

Buah dan daun Srikaya.
Buah dan daun Srikaya. ([Dok Sehatq.com])

KLIKPOSITIF - Srikaya merupakan tanaman tropis yang banyak tumbuh di Asia dan Amerika Selatan. Bagian buah bernama latin Annona squamosa ini biasanya banyak diambil untuk dikonsumsi karena rasanya yang manis dan mengandung vitamin C.

Srikaya, adalah tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis. Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak.

baca juga: Buah Baik untuk Kesehatan, Tapi Berlebihan Juga Bisa Membawa Akibat Buruk

Daging buahnya berwarna putih. Termasuk semak semi-hijau abadi atau pohon yang meranggas mencapai 8 m tingginya.

Tak hanya buahnya ternyata daun srikaya juga kaya manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun srikaya mengutip di laman Twitter Kementerian Pertanian, yaitu:

baca juga: Tape Ketan Bisa Jadi Cemilan Sehat, Ternyata Ini Sejumlah Manfaatnya

1. Menstabilkan gula darah

Daun srikaya kaya akan serat. Sehingga khasiat dalam tubuh dapat memperlambat penyerapan gula dan menjaga kadar gula darah darah tetap pada batas normal.

baca juga: Jaga Keuangan Anda Tetap Sehat, Ingat 3 Langkah Ini

2. Meredakan nyeri rematik

Daun srikaya memiliki manfaat antiradang dan analgesik. Oleh karena itu, meminum air rebusan daun srikaya dapat membantu meredakan nyeri.

baca juga: Anda Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Kenali Kondisi Ini

3. Memelihara kesehatan jantung

Daun srikaya mengandung kalium dan magnesium yang memberikan manfaat untuk menenangkan otot jantung. Sehingga mengkonsumsi daunnya dapat menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung.

4. Memperlancar metabolisme dan menambah energi

Daun srikaya juga berfungsi untuk membilas racun dari dalam tubuh. Air rebusan daun srikaya ini juga bisa meningkatkan metabolisme dan menambah energi. Hal ini membuat aktivitas terjaga sepanjang hari.

5. Mencegah penuaan dini

kandungan antioksidan pada daun srikaya dapat melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari dan menghambat penuaan sel-sel kulit.

Editor: Eko Fajri