Jerman Tidak Menyarankan Warga di Atas 65 tahun Mendapatkan Vaksin AstraZeneca

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

KLIKPOSITIF - Program vaksinasi virus Corona di Jerman sudah dimulai. Namun seperti kebanyakan negara lainnya, tidak semua kelompok mendapatkan vaksin Covid-19, termasuk kelompok lansia.

Dilansir Anadolu Agency, Komisi independen Jerman mengatakan data tentang kemanjuran vaksin Covid-19 untuk kelompok usia ini tidak mencukupi.

baca juga: Perlancar Vaksinasi Gotong Royong, Pemerintah Tambahan Satu Juta Dosis Vaksin Sinopharm

Otoritas kesehatan Jerman pada Kamis menyarankan agar warga berusia di atas 65 tahun tidak menggunakan vaksin virus Corona AstraZeneca, dan menekankan bahwa kemanjurannya untuk kelompok usia ini tidak dapat dikonfirmasi.

Komite Tetap Vaksinasi Jerman (STIKO), yang memberikan konsultasi kepada pemerintah tentang penggunaan dosis vaksin , memberikan rekomendasinya tentang vaksin AstraZeneca kepada Kementerian Kesehatan, lapor kantor berita Jerman DPA.

baca juga: Pemerintah Targetkan Sejuta Vaksin Per Hari

"Tak ada cukup data yang tersedia untuk menilai kemanjuran vaksin untuk orang yang berusia di atas 65 tahun," kata komite dalam laporannya.

Komite ini merekomendasikan agar vaksin tersebut digunakan hanya untuk orang-orang yang berusia antara 18 dan 64 tahun.

baca juga: Bulan Besok, Pemerintah Targetkan 1 Juta Vaksinasi Per Hari

AstraZeneca dan Universitas Oxford, yang bersama-sama mengembangkan vaksin , sebelumnya mengumumkan bahwa suntikan tersebut memiliki kemanjuran rata-rata 70 persen dalam melindungi dari Covid-19.

Regulator obat Uni Eropa (UE), European Medicines Agency, dijadwalkan akan mengumumkan otorisasi pasar bersyarat yang telah lama ditunggu untuk vaksin Oxford/AstraZeneca pada Jumat ini.

baca juga: Jokowi Minta Kota dan Kabupaten Lain Contoh Vaksinasi Massal di Stadion Patriot

Sumber : suara.com

Editor: Haswandi