Bukan Air Putih, Ini Cara Efektif Atasi Kepedasan

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Meski makanan pedas memberi sensasi lidah terbakar, nyatanya banyak orang menyukai makanan pedas. Namun, tak sedikit juga yang tak tahan dengan rasa pedas . Nah, untuk Anda yang termasuk kelompok kedua, tahukah cara cepat mengatasi kepedasan?

Banyak orang memilih minum air banyak-banyak untuk menghilangkan rasa pedas . Padahal, itu bukan cara yang efektif untuk dilakukan. Melansir dari Medical Daily, ini cara cepat yang dapat membantu mengatasi kepedasan.

baca juga: Virus Corna B117 Masuk Indonesia, Seberapa Bahayakah? Ini Jawab Pakar

1. Minum segelas susu

Alih-alih minum air putih, susu dipercaya dapat meredam rasa terbakar di mulut. Menurut American Chemical Society, kasein, sejenis protein dalam susu dapat membantu memutus ikatan bentuk capsaicin pada reseptor saraf sehingga membantu meredakan rasa pedas .

baca juga: Terima Perintah Penyelidikan Dugaan Korupsi Dana Covid-19, Polda Sumbar Bentuk Tim

2. Satu sendok teh gula

Gula sebenarnya dapat membantu menetralkan panas dari hidangan pedas . Panas pada cabai dapat dikategorikan berdasarkan pada jumlah gula yang dibutuhkan untuk menetralkan efek panas yang dihasilkannya, demikian mengutip IndiaCurry.com.

baca juga: Mutasi Virus Corona Baru B117 Ditemukan di Indonesia, Jawaban Jubir Satgas Covid-19 Timbulkan Tandatanya

Makanan manis dipercaya dapat menetralkan rasa panas dari makanan pedas, misalnya gula pasir dan madu. Hal ini karena gula menyerap minyak pedas sehingga memberikan rasa yang berbeda.

3. Cokelat

baca juga: Cegah Gangguan Pendengaran Sejak Dini dengan Cara Ini

Sebatang cokelat dapat berguna untuk mengurangi sensasi terbakar dan pedas di mulut. Hal ini karena kandungan lemak yang tinggi pada cokelat membantu mengeluarkan capsaicin di mulut. Capsaicin di mulut akan larut dalam lemak yang ada pada cokelat.

Selain itu, cokelat susu lebih ampuh untuk menghilangkan rasa pedas dibanding cokelat hitam. Hal ini karena menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, cokelat susu memiliki kandungan lemak dan kasein yang lebih tinggi sehingga mampu membantu meredakan rasa pedas .

4. Sepotong roti

Mengunyah sepotong roti dapat berguna untuk meredakan rasa terbakar di mulut. Hal ini karena roti dapat menyerap capsaicin berminya di mulut. Selain roti , nasi juga sebenarnya dapat membantu meski menyerap lebih sedikit. Oleh karena itu, saat memakan makanan pedas, siapkan roti untuk membantu meredakan rasa pedas yang tak tertahankan.

Editor: Eko Fajri