Lirik Lagu 22 Januari Bikin Soleh Solihun Penasaran, Iwan Fals Menjawab

penyanyi legendaris Iwan Fals
penyanyi legendaris Iwan Fals (Net)

KLIKPOSITIF - Komika Soleh Solihun merupakan fans penyanyi legendaris Iwan Fals . Saking fans dengan Iwan Fals , Soleh Solihun menjadi anggota ormas OI, ormas tempat para fans Iwan Fals bernaung.

Pada satu kesempatan, Soleh Solihun mendapat kesempatan untuk bertanya kepada Iwan Fals mengenai lagu -lagunya. Ada satu lagu Iwan Fals yang membuat Soleh Solihun penasaran. Yaitu lagu berjudul "22 Januari".

baca juga: Hotman Paris Bersama Nikita Mirzani Rambah Bisnis Kuliner, Kucurkan Saham ke Restoran Ternama Ini

Dilansir dari YouTube Iwan Fals Musica, Soleh Solihun bertanya mengenai penggalan lirik lagu yang ada di lagu "22 Januari".

Soleh Solihun mengaku penasaran dengan penggalan lirik "Sebentar Lagi hujan". "Itu apakah makna kiasan atau apa yang melatarbelakangi munculnya lirik itu? Apa ada kejadian atau apa pas mau nikah sebentar lagi hujan," tanya Soleh Solihun.

baca juga: Mengejutkan, Kabar dari Umi Pipik yang Dipoligami

Menurut Soleh, dirinya penasaran kenapa di lagu "22 Januari" tiba-tiba ada lirik 'Sebaris kata-kata putus asa, sebentar lagi hujan'. "Itu saya dari SMP penasaran. Apa yang sedang terjadi di hari itu?" ucapnya.

Penggalan lirik lagu "22 Januari" yang juga membuat Soleh Solihun penasaran adalah kalimat "Sesosok mata yang keduanya buta". "Apakah kiasan atau menggambarkan apa?

baca juga: Husin Alwi Shihab Sebut Penceramah Seperti UAS Membuat Bangsa Indonesia Gak Bakal Maju-maju

"Apakah Iwan Fals itu pacaran dengan orang yang buta atau dia sedang menceritakan orang yang buta dan berpacaran tapi punya foto?" tanya Soleh Solihun.

Diketahui lagu "22 Januari" adalah lagu yang diciptakan Iwan Fals untuk mengenang hari pernikahannya dengan Rosana Listanto alias Mbak Yos. Saat menikah dengan Mbak Yos, Iwan Fals masih berusia 19 tahunan.

baca juga: Miliki Kekayaan Puluhan Miliar Dolas AS, Wanita Ini Jadi Janda Terkaya di Dunia

Iwan Fals langsung menjawab pertanyaan Soleh Solihun. Menurut Iwan Fals , penggalan lirik 'Sebentar lagi hujan' memang peristiwa yang diceritakan dalam lagu "22 Januari" pada saat itu akan turun hujan.

Saat itu Iwan Fals masih berumur 18 tahun hingga 19 tahun. "Memang pada umur-umur segitu rasanya hari mendung terus," ujar Iwan Fals .

Iwan Fals lalu menjelaskan arti lirik "Kupandang senyummu dengan sorot mata yang keduanya buta".

"Kan ada yang bilang kalau cinta itu buta, mungkin perumpamaan atau apa ya. Ya saya buta aja terhadap senyumnya. Itu kira-kira gambaran tentang cinta yang total tapi seorang manusia 19 tahun," papar Iwan Fals .

Editor: Eko Fajri