Ternyata Banyak Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Rumput, Simak Ulasannya

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

KLIKPOSITIF - Jalan atas rumput dengan telanjang kaki memiliki manfaat untuk kesehatan . Teknik berjalan tanpa alas kaki di atas rumput ini masuk dalam kategori naturopati.

Melansir dari Healthshots, dalam teknik naturopati alam dan propertinya digunakan sebagai sebuah terapi. Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Environment and Public Health, kesehatan manusia saat ini berada pada titik terendah sepanjang masa karena mereka terputus dengan lingkungan dan bumi.

baca juga: Ilmuwan Temukan Puluhan Ribu Virus Tak Dikenal di Usus Manusia

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa berhubungan kembali dengan elektron bumi mendorong perubahan fisiologis serta kesejahteraan mental. Oleh karena itu, berikut lima manfaat berjalan kaki di atas rumput, antara lain:

1. Membantu Mencegah Insomnia

baca juga: Selain Terapi, Pasien Kanker Paru Juga Butuh Dorongan Semangat

Sesuai penelitian Journal of Environment and Public Health, jika Anda tidak bisa tidur nyenyak, cobalah berjalan di taman. Anda akan melihat perbedaan mencolok dalam pola tidur sejak hari pertama.

Tetapi untuk mencegah insomnia atau memperbaiki pola tidur Anda, cobalah berjalan tanpa alas kaki di atas rumput selama sekitar 30 menit setiap pagi.

baca juga: Studi Ungkap Hal Ini Bisa Kurangi Keluhan Migrain akibat Stres dan Kurang Tidur

2. Pengurangan Peradangan

Berjalan tanpa alas kaki di atas rumput membantu menstimulasi fungsi organ. Manfaat ini didapatkan dari efek refleksi rumput di kaki dan elektron medan magnet bumi.

baca juga: Atasi Bibir Pecah-pecah Hingga Berdarah dengan Cara Ini

3. Membantu Meningkatkan Kesejahteraan Mental

Beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat psikologis dari berjalan-jalan di taman. Berjalan-jalan di alam sesekali juga bisa dianggap sebagai metode pereda stres akibat pekerjaan.

4. Mengatur Kesehatan Jantung

Berjalan tanpa alas kaki di atas rumput mengatur kesehatan jantung Anda. Studi Journal of Environment and Public Health juga menunjukkan bahwa berjalan tanpa alas kaki di atas rumput membantu menyinkronkan detak jantung Anda.

5. Baik untuk Mata

Menurut ilmu refleksiologi, saat kita berjalan, kita memberi tekanan maksimal pada jari kaki kedua dan ketiga. Keduanya memiliki ujung saraf maksimum yang merangsang fungsi mata. Karenanya, berjalan tanpa alas kaki di rumput juga menjaga penglihatan Anda tetap terkendali.

Sumber : suara.com

Editor: Haswandi