Awas, Ada Cairan Pembersih Tangan yang Mengandung Zat Beracun

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

KLIKPOSITIF - Standar Perdagangan mengeluarkan penarikan kembali 'lbcccndc Instant Hand Sanitiser' karena ditemukan mengandung 37 persen metanol, zat beracun yang berpotensi menimbulkan risiko serius bagi publik. Metanol berada dalam daftar bahan terlarang untuk pembersih tangan , keberadaannya di gel tangan dicap "tidak dapat diterima" oleh Food and Drugs Association (FDA).

Menelan atau bersentuhan dengan metanol dapat menyebabkan keracunan, gejala yang meliputi sakit kepala, penglihatan kabur, mual dan muntah, kehilangan koordinasi dan bahkan kematian. Produk, yang memiliki logo hijau terang yang mirip dengan merek rumah tangga Dettol, tersedia di eBay dan Ali Baba tetapi sekarang telah dihapus.

baca juga: Stok Dipasaran Kurang, Wagub Sumbar Beli Bahan Handsanitizer Agar Bisa Dimanfaatkan Masyarakat

FDA menyatakan bahwa metanol bukanlah bahan yang dapat diterima untuk pembersih tangan dan tidak boleh digunakan karena efek toksiknya.

"Investigasi FDA atas metanol di pembersih tangan tertentu sedang berlangsung. Badan tersebut akan memberikan informasi tambahan saat sudah tersedia," Mirror mengutip Dailymail.

baca juga: Bukannya Bersih, Terlalu Sering Mencuci Tangan malah Berbahaya

Gel tangan, yang dibuat oleh perusahaan bernama Guangzhou Sizhu Network Technology Co., juga gagal mencapai kadar etanol yang dibutuhkan untuk membunuh kuman.

"Produk pembersih tangan harus mengandung volume alkohol setidaknya 60 persen agar efektif," kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

baca juga:

Ibcccndc, ditemukan hanya memiliki tujuh persen volume.

Sumber : suara.com

baca juga:

Editor: Haswandi