Sebelum Olahraga, Perhatikan Dua Poin Ini Agar Imun Tubuh Tetap Terjaga

Ilustrasi
Ilustrasi (Zoom)

KLIKPOSITIF - Olahraga rutin sudah menjadi gaya hidup masyarakat berbagai kelas dalam satu dekade terakhir, namun intensitasnya kali ini lebih meningkat untuk menjaga daya tahan tubuh supaya terhindar dari virus Covid-19.

Salah satu olahraga yang kerap digemari masyarakat saat ini adalah lari pagi. Pada materi olahraga, ada beberapa poin yang harus dipertimbangkan agar daya tahan (imunitas) tubuh tetap terjaga, salah satunya dengan menjaga gizi pada tubuh tetap seimbang, serta peregangan tubuh yang optimal.

baca juga: Tidak Diproduksi di Tanah Air, Pemerintah Buru 3 Jenis Obat COVID-19 Ini

Lari pagi biasa dilakukan orang-orang dalam keadaan perut kosong sehingga tak jarang membuat energi terkuras dan merasa lemas. Dilansir dari Stylecare ini sejumlah tips makanan penambah energi yang dapat anda konsumsi setelah lari pagi.

Konsumsi Makanan Bergizi Bagus

baca juga: Agam Catat 78 Kasus Baru Corona, Lubuk Basung Tertinggi

- Daging Ayam

Daging ayam khususnya bagian dada dapat anda konsumsi sebagai penambah energi setelah lari pagi. Agar daging ayam selalu sehat dan menutrisi tubuh dengan baik, pastikan bahwa daging ayam tersebut bebas lemak. Konsumsi daging ayam bersama nasi merah dan jus jeruk, hal ini akan menambah staminamu setelah olahraga tanpa harus khawatir berat badanmu naik.

baca juga: Hari Ini Dua Pasien COVID-19 di Tanah Datar Meninggal Dunia, Positif 25 Orang

- Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu makanan yang kaya akan nutrisi dan sangat baik untuk kesehatan . Ikan salmon bisa dikonsumsi setelah ia dipanggang atau digoreng dengan minyak zaitun.

baca juga: Kota Solok Masuk Wilayah PPKM Level Tiga

- Buah Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang mengenyangkan juga kaya akan nutrisi sehat yang bisa membuat tubuh makin berenergi serta bugar. Anda bisa memakai buah pisang sebagai menu sarapan bersama satu gelas susu atau dibikin jus dengan buah lain seperti strawberry dan apel.

- Kacang Almond

Kacang almond dipercaya sebagai makanan lezat yang kaya manfaat untuk kesehatan dan kebugaran. Kacang almond juga menjadi salah satu makanan yang bisa membuat daya tahan tubuh meningkat.


Peregangan Tubuh yang Optimal

Peregangan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan . Dikutip dari Prevention, penelitian membuktikan bahwa peregangan mampu meningkatkan keseimbangan dengan membantu mengkoordinasikan otot halus. Selain itu, peregangan yang dilakukan setiap hari secara teratur mampu melemaskan otot dan sendi yang kaku. Dengan begitu, ruang gerak Anda menjadi lebih luas dan terhindar dari rasa nyeri. Tidak perlu berlama-lama, Anda hanya perlu melakukan peregangan otot selama lima menit setiap harinya.

Jenis peregangan otot yang bisa dilakukan selama 5 menit

1. Runner's stretch

Peregangan otot ini sangat bagus untuk tubuh bagian bawah terutama paha bagian belakang dan pinggul. Anda hanya perlu melakukannya dengan cara:

- Berdiri tegap dan buka kaki selebar pinggul.

- Letakkan masing-masing tangan di pinggul.

- Langkahkan kaki kiri mundur ke belakang.

- Turunkan pinggul secara perlahan hingga lutut kiri Anda menyentuh lantai.

- Kemudian perlahan luruskan kaki kanan Anda dan letakkan tangan di lantai.

- Lakukan gerakan selama 30 detik.

- Ulangi gerakan untuk sisi yang lain.

2. Bound angle

Jenis peregangan yang satu ini dapat membantu mengurangi ketegangan di pinggul dan otot di bagian dalam paha. Anda bisa melakukannya dengan cara:

- Duduk di lantai dengan posisi kedua telapak kaki menempel.

- Letakkan tangan di atas kaki.

- Condongkan tubuh secara perlahan ke arah dengan posisi punggung tetap rata dan kepala mendekat ke arah kedua kaki.

- Tahan selama kurang lebih 30 detik dan ulangi jika diperlukan.

3. Seated back twist

Peregangan yang satu ini dilakukan untuk membantu meningkatkan mobilitas terutama pada orang yang memiliki masalah pada tulang belakang. Berikut langkah-langkahnya:

- Duduklah di lantai dan posisi kedua kaki lurus ke depan.

- Kemudian, silangkan kaki kanan ke atas kaki kiri dengan posisi kaki kanan yang memijak ke tanah dan lututnya dalam posisi tegak.

- Putar bahu ke arah kanan secara perlahan dan tahan posisi ini selama 30 detik.

- Ulangi latihan dengan menggunakan kaki sebelahnya secara bergantian.

4. Chest stretch in door

Melakukan peregangan dengan cara membuka dada setiap hari membantu gangguan pernapasan pada orang dengan postur yang buruk sekaligus memperbaiki postur tubuh Anda. Berikut caranya:

- Berdirilah di tengah-tengah pintu yang terbuka.

- Berpeganganlah di kedua sisi kusen pintu.

- Condongkan tubuh ke depan pintu dengan melangkahkan salah satu kaki ke depan hingga melewati dada dan bahu.

- Tahan selama 30 detik kemudian ulangi.

Namun peregangan tidak hanya dilakukan secara mandiri saja. Peregangan juga bisa dilakukan menggunakan peralatan olahraga yang tepat , sebab alat-alat ini memiliki sistem kerja yang mampu meningkatkan dinamika organ tubuh sebelum Anda melaksanakan olahraga berat.

Berencana untuk mulai berolahraga lagi di awal tahun? Agar olahraga kamu efektif dan kamu mencapai hasil yang optimal, pastikan kamu didukung dengan pakaian olahraga dan peralatan olahraga yang tepat. Tidak perlu khawatir soal harga karena kamu bisa menemukan aneka kebutuhan olahraga di Shopee! Apalagi, hari ini sedang berlangsung Hobi, Olahraga, dan Otomotif Sale spesial promo Shopee New Year Sale yang menghadirkan diskon besar-besaran dan penawaran spesial. Beli peralatan olahraga berkualitas tentu jadi lebih murah di Shopee! Langsung kunjungi aplikasinya dan serbu promo-promonya sekarang!

Editor: Ocky Anugrah Mahesa