Sakit Akibat Duduk Bekerja Terlalu Lama, Ini Cara Mengatasinya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Bekerja di kantor atau di rumah selama dalam posisi duduk yang lama bisa mengakibatkan rasa nyeri dan tidak nyaman di punggung. Dilansir dari health .com ada tiga poin yang disarankan untuk mengecah keluhan ini.

Pertama monitor komputer atau laptop harus berada di jarak sejauh lengan. Kedua, pergelangan tangan harus lurus dan tangan berada setinggi atau di bawah siku. Ketiga, ketinggian kursi harus disesuaikan agar lutut sejajar dengan pinggul.

baca juga: Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, Perawat SPH: Kebersihan Tangan Dapat Pengaruhi Kesehatan

Posisi kaki paling baik adalah rata dengan lantai atau di atas pijakan kaki. Jika kaki tidak sampai ke lantai, Anda bisa menggunakan pijakan untuk tumpuan. Selain itu, tempat kerja yang tidak tepat juga bisa menyebab nyeri leher dan punggung, pergelangan tangan dan jari yang sakit.

Pergelangan tangan harus lurus saat mengetik, dengan lengan atas dekat dengan tubuh dan tangan sedikit di bawah siku. Sedangkan untuk nyeri punggung ada beberapa teknik yang bisa diterapkan untuk mengatasi nyeri punggung. Medical News Today, mendorong para penderita sakit punggung berjalan-jalan kecil untuk mengurangi sensasinya. Olahraga bisa mengendurkan otot yang tegang dan melepaskan endorfin, obat penghilang rasa sakit alami tubuh.

baca juga: DPR: Benahi Regulasi di Pintu Masuk Indonesia

Pada otot yang kaku dan sakit, bantalan pemanas bisa meredakan nyeri yang sangat dibutuhkan. Lalu, meregangkan tubuh selama 30 detik juga membantu meredakan nyeri punggu. Krim pereda nyeri adalah solusi tambahan untuk nyeri punggung, seperti balm CBD (cannabidiol) yang berasal dari tanaman hemp. Harvard Health mengatakan cannabidiol ini bisa mengatasi nyeri kronis dengan menurunkan tingkat peradangan dalam tubuh.

Editor: Ramadhani