Dorong Metabolisme, Ini Bahan Alami yang Dapat Bantu Turunkan Berat Badan

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Memiliki berat badan ideal menjadi harapan banyak orang. Hal ini menjadi positif karena kebutuhan akan pola hidup yang sehat.

Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bisa mempercepat metabolisme tubuh.

baca juga: Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, Perawat SPH: Kebersihan Tangan Dapat Pengaruhi Kesehatan

Sejumlah jenis makanan ini sangat membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari Insider inilah daftarnya:

Cabai

Metabolisme kita akan bekerja lebih cepat dengan bantuan senyawa capsaicin yang ada pada cabai. Capsaicin adalah senyawa yang bertanggungjawab memberikan rasa pedas pada cabai. Dalam penelitian di 2017 menunjukkan jika capsaicin berguna untuk mengaktifkan reseptor TRPV1 yang memengaruhi berat badan, karena bisa mengeluarkan energi yang lebih banyak, ditambah cabai juga bisa menekan nafsu makan.

baca juga: DPR: Benahi Regulasi di Pintu Masuk Indonesia

Kopi

Profesor Kedokteran UCLA Dvid Geffen School of Medicine, Zhaoping Li, MD, PhD mengatakan kafein berguna meningkatkan dopamin dan noradrenalin, yakni sejenis hormon yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh. "Mengonsumsi kopi mungkin punya beberapa efek yang menguntungkan untuk menurunkan berat badan dan menekan asupan kalori," terang Ahli Diet lulusan Baylor College of Medicine, Roberta Anding, RD.

baca juga: Hari Ini 78 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Seorang Pasien Meninggal Dunia

Teh

Jika Anda tidak suka kopi, Anda bisa mencoba teh karena sama-sama mengandung kafein, meski tidak sebanyak kopi. Selaras dengan studi 2016 yang menunjukkan orang yang berat badannya terjaga, ternyata banyak mengonsumsi minuman berkafein. Selain itu studi di 2012 menunjukkan teh hijau secara khusus bisa meningkatkan metabolisme tubuh bagi mereka yang kelebihan berat badan dan perempuan yang obesitas.

baca juga: Sama-sama Buat Lesu, Wajib Tahu Ini Bedanya Anemia dan Talasemia

Jahe

Salah satu bumbu dapur yang kerap jadi ramuan tradisional ini ternyata mengandung senyawa shogaols yang terbukti berfungsi sebagai antiinflamasi dan penurunan berat badan. Selain itu jahe juga membantu menurunkan berat badan dengan merangsang pencernaan, mengurangi peradangan dan menekan nafsu makan. Selaras dengan studi kecil di 2012 bahwa air panas dengan campuran 2 gram jahe bisa menekan rasa lapar dan berikan efek kenyang.

Editor: Ramadhani