Baik Bagi Tubuh, Ini Sejumlah Manfaat Konsumsi Madu

Madu
Madu (net)

KLIKPOSITIF - Madu sejak lama telah diketahui memiliki kandungan positif bagi tubuh. Madu mentah mengandung bahan kimia yang berguna sebagai antioksidan. beberapa jenis madu memiliki antioksidan sebanyak sayuran dan buah. Antioksidan berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Biasanya radikal bebas akan menyebabkan proses penuaan dan menyebabkan pernyakit kronis seperti kanker atau jantung. Penelian menunjukkan, senyawa antioksidan pada madu yang disebut polifenol berperan mencegah penyakin jantung. Dilansir dari Healthline ini sejumlah manfaat madu bagi tubuh:

baca juga: Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, Perawat SPH: Kebersihan Tangan Dapat Pengaruhi Kesehatan

Memiliki sifat antibakteri atau antijamur

Penelitan menunjukkan, madu mentah berguna untuk membunuh bakter dan jamur yang tidak diinginkan oleh tubuh. Secara alami, madu mentah mengandung peroksida dan antiseptik. Hal ini sangat berguna sebagai antibakteri dan antijamur.

baca juga: DPR: Benahi Regulasi di Pintu Masuk Indonesia

Sumber phytonutrisi (fitonutrien)

Fitonutrien merupakan senyawa yang ditemukan pada tanaman yang membantu melindungi tanaman dari bahaya. Misalnya, beberapa menjauhkan serangga atau melindungi tanaman dari radiasi ultraviolet. Fitonutrien dalam madu bertanggung jawab atas sifat antioksidannya, serta kekuatan antibakteri dan antijamurnya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa madu mentah memberikan manfaat penambah kekebalan tubuh dan sebagai antikanker.Membantu masalah pencernaan

baca juga: Hari Ini 78 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Seorang Pasien Meninggal Dunia

Madu sering kali digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare. Walaupun tidak banyak penelitian yang mengatakan berhasil, tetapi ini terbukti sebagai pengobatan untuk bakteri Helicobacter pylori (H. pylori), yang biasa berada pada lambung. Madu juga dipercaya sebagai prebiotik yang kuat. Artinya, madu akan memelihara bakteri baik yang ada di dalam usus. Hal ini menujukkan jika madu tidak hanya baik pada pencernaan, tetapi juga tubuh.

Menyembuhkan luka

baca juga: Sama-sama Buat Lesu, Wajib Tahu Ini Bedanya Anemia dan Talasemia

Madu manuka kerap kali digunakan untuk mengobati luka. Madu ditemukan dapat membunuh kuman secara efektif dan membantu regenerasi jaringan. Studi menunjukkan, madu dapat mempercepat waktu penyembuhan dan mengurangi infeksi.

Meredakan sakit tenggorokan

Sering kali jika suara serak disebabkan oleh gangguan pada tenggorokan, flu atau batuk. Madu sering digunakan untuk mengobati permasalah tersebut. Berdasarkan penelitian, madu sama efektifnya sengan dekstometorfan, yang digunakan sebagai obat batuk. Oleh karena itu, madu berguna untuk meredakan sakit pada tenggorokan

Editor: Ramadhani