Agar Tubuh Terjaga, Ini Cara Menjaga Kesehatan Paru

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Paru-paru merupakan organ yang rentan bagi pasien Covid-19. Orang yang memiliki masalah pernapasan kronis dan kelompok lemah juga menghadapi tingkat keparahan dan kematian akibat virus corona Covid-19.

Dilansir dari Times of India, paru-paru adalah organ utama yang harus dijaga kesehatan . Berikut ini cara menjaga kesehatan paru-paru untuk menjalani kehidupan normal.

baca juga: Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, Perawat SPH: Kebersihan Tangan Dapat Pengaruhi Kesehatan

Latihan pernapasan

Sesak napas dan aliran oksigen yang terhambat adalah gejala umum dari keparahan virus corona Covid-19, karena penyakit ini bisa menyerang paru-paru. Pasien virus corona sering disarankan melakukan latihan pernapasan sederhana dan meditasi untuk meditasi untuk membantu pernapasan dan meningkatkan aliran darah ke paru-paru.

baca juga: DPR: Benahi Regulasi di Pintu Masuk Indonesia

Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan kaya vitamin dan mineral bisa meningkatkan kekebalan. Makanan tertentu juga bisa menghilangkan racun serta membantu Anda bernapas lebih mudah. Makanan ini juga membantu mengelola dan meningkatkan kesehatan paru-paru.

baca juga: Hari Ini 78 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Seorang Pasien Meninggal Dunia

Sementara, orang harus menghindari konsumsi makanan olahan secara berlebihan dan produk musiman seperti buah bit, teh hijau, blueberry, tomat, kacang-kacang, dan biji-bijian untuk meningkatkan kapasitas paru-paru.

Bawang putih dan kunyit adalah makanan kaya antioksidan yang memiliki sifat anti virus. Pastikan Anda mengonsumsi banyak makanan kaya omega-3 yang membantu mengendalikan peradangan paru-paru.

baca juga: Sama-sama Buat Lesu, Wajib Tahu Ini Bedanya Anemia dan Talasemia

Hindari merokok

Merokok tidak hanya meningkatkan risiko Anda tertular dan menularkan virus corona Covid-19, tetapi juga buruk bagi kesehatan paru-paru. Merokok dan tembakau bisa menyebabkan tekanan ekstra pada organ vital dan meningkatkan kemungkinan mengembangkan masalah paru-paru lainnya serta infeksi jangka panjang.

Latihan kardio

Setiap aktivitas yang meningkatkan pernapasan adalah cara terbaik untuk memulihkan kapasitas dan fungsi paru-paru dalam proses pemulihan. Para ahli menyarankan pasien untuk melakukan latihan fisik atau olahraga sedang dan cepat untuk meningkatkan detak jantung serta aliran darah.

Hindari polusi udara

Orang yang baru saja pulih dari virus corona Covid-10 harus menghindari paparan asap, polusi, dan lingkungan yang tercemar. Polusi tidak hanya meningkatkan risiko infeksi ulang, tetapi juga membuat Anda terpapar karsinogen dan bahan pengiritasi berbahaya lainnya yang mengendap di rongga paru-paru.

Editor: Ramadhani