Ayah Bunda, Ingat Deretan Kalimat Ini Tidak Boleh Diucap Orangtua Kepada Anak

ilustrasi
ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Orangtua menjadi faktor utama yang membentuk kepribadian seorang anak. Apapun yang dilakukan dan dikatakan orangtua, akan sangat memengaruhi tumbuh kembang dan mental anak.

Perkataan dan ucapan akan masuk ke dalam otak dan menjadi acuan anak. Untuk itu, sangat penting untuk orangtua menjaga perkataannya terhadap anak.

baca juga: Anda Sering Merasa Nyeri Tubuh Berulang? Jangan Anggap Remeh, Bisa Jadi Terkait Risiko Ini

Di bawah ini terdapat kata-kata yang harus dihindari orangtua untuk diucapkan kepada anak seperti yang telah dikutip dari Flintobox.com.

1. Jangan pernah katakan "Kamu anak yang nakal"

baca juga: Gubernur Sumbar Ingatkan Orang Tua, Jangan Tinggalkan Generasi Lemah

Anak-anak ketika diberikan pikiran yang negatif akan menjadi cambukan bagi dirinya. Untuk itu, ketika anak melakukan sesuatu yang buruk orangtua jelaskan kepada mereka bahwa beberapa kata atau tindakan itu buruk dan mungkin menyakiti atau merugikan seseorang.

Namun, jangan sekali-kali katakan mereka anak yang nakal. Apalagi jika kita tidak memberi alasan yang jelas. Hal itu akan membuatnya kecewa. Orangtua dapat ajari anak mereka apa yang benar dan salah, dan menghargai hal-hal yang baik daripada yang buruk.

baca juga: Pemkab Pessel Gratiskan Biaya Pendidikan SD dan SMP, Anggarannya Rp5,4 Miliar

2. Jangan samakan anak dengan kakak atau adiknya

Orangtua diusahakan tidak membandingkan anak-anak dengan saudara mereka. Ketika orangtua melakukan hal tersebut, anak akan merasa cemburu.

baca juga: Kejadian di Sumut, Ini Tips Dinskes Sumbar agar Terhindar dari Alat Tes Rapid Antigen Bekas

Mereka akan merasa tersisih dan hal ini akan mendorong perasaan gagal pada anak-anak. Selain itu, hal ini akan membuat hubungannya dengan saudara kandung tidak baik.

3. Jangan katakan tidak tanpa alasan

Ketika anak meminta sesuatu dan orangtua menolak, jangan pernah katakan 'tidak' tanpa penjelasan. Apalagi ketika mengatakannya dengan nada bicara yang tinggi. Hal itu akan membuat mereka kehilangan kepercayaan pada orangtua mereka. Orangtua juga dapat memberi opsi lain terhadap anak sehingga mereka punya pilihan. Hal itu juga bisa menjadi tanda kepada anak kalau orangtua sayang terhadapnya.

4. Jangan katakan "Kamu tidak bisa melakukan ini"

Jangan pernah mengatakan kalimat "kamu tidak bisa melakukan ini" kepada anak. Hal itu dapat buat anak kehilangan kepercayaan diri. Ketika rasa kepercayaan diri itu hilang, anak bisa menjadi seseorang yang tertutup.

Orangtua diusahakan mendukung sesuatu yang ia sukai. Namun, ketika menurut orangtua hal tersebut dapat membahayakannya, usahakan beri penjelasan sebaik mungkin. Opsi lain orangtua dapat melakukannya bersama dengan anak. Hal itu dapat mempererat hubungan dengan anak.

5. Jangan pernah katakan " Jangan bicara padaku"

Orangtua pasti memiliki kesibukannya masing-masing. Terkadang saat sedang sibuk anak memiliki keinginan untuk berbicara. Namun, tidak jarang banyak orangtua yang mengatakan kepada anak untuk tidak bicara padanya. Hal itu akan membuat anak merasa tidak dihargai.

Orangtua dapat menjelaskan kesibukannya terhadap anak sehingga mereka mengerti. Selain itu orangtua juga dapat mengatakan akan menghubunginya setelah kesibukannya selesai. Di sisi lain orang orangtua pasti pernah mengalami perdebatan dengan anak atau anak memiliki sesuatu yang dipertanyakan. Usahakan mendengarkan anak sebagai rasa menghargai mereka.

6. Jangan pernah katakan "Laki-laki atau perempuan tidak melakukan hal tersebut"

Biarkan anak menyukai apa yang menjadi kesenangannya. Seperti yang kita ketahui kegiatan memasak biasanya disukai anak perempuan. Ketika kita memiliki anak laki-laki yang menyukai hal tersebut, biarkan mereka menyukainya. Hal itu akan membuat mereka merasa orangtua percaya kepadanya.

Contoh lain panjat tebing biasanya didominasi anak laki-laki. orangtua ketika memiliki anak perempuan dan menyukai hal tersebut cenderung menolak. Hal itu akan membuat mereka kecewa. Untuk itu biarkan anak mengeksplor diri dengan apa yang disukainya.

7. Jangan pernah katakan "Tidak ada yang ingin anak sepertimu"

Terkadang anak sering melakukan kesalahan yang membuat orangtua marah. Namun, jangan sekali-kali mengatakan "Tidak ada yang ingin anak sepertimu". Hal itu akan membuat mereka berpikir kalau mereka tidak diinginkan.

Perkataan tersebut dapat menjadi tanda kepada anak kalau orangtua tidak menyayanginya. Untuk itu orangtua harus memilih kalimat yang baik. Beri tahu apa yang harus diperbaiki dari kesalahan yang dilakukannya.

Editor: Eko Fajri