Menangis Ternyata Diperlukan, Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKOSITIF - Menangis merupakan salah satu cara menyalurkan atau meluapkan emosi dalam diri. Emosi tersebut diekspresikan dengan mengeluarkan cairan pada bagian mata.

Berdasarkan penelitian, menangis memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Ahli saraf Dr. William H. Frey II, penulis Crying: The Mystery of Tears mengatakan, menangis tak hanya respon dari kesedihan, tetapi juga untuk kesehatan .

baca juga: Mengatasi Ketombe dengan Minyak Serai, Begini Caranya

Menurut Frey penelitian menunjukkan, 85 persen perempuan dan 73 persen laki-laki merasa tidak terlalu sedih dan marah setelah menitikkan air mata. Berikut ini beberapa manfaat menangis bagi kesehatan dilansirdari Agingcare:

Meredakan Stres

baca juga: Sejumlah Vitamin Ini Bisa Bantu Mencegah Stres

Stres tidak hanya berpengaruh kepada mental. Seseorang yang mengalami stres nyatanya dapat meningkatkan berbagai penyakit seperti serangan jantung, kerusakan otak, lambung dan lain-lain. Dengan menangis seseorang dapat memberikan pelepasan sementara. Walaupun tidak seefektif perawatan istirahat, menangis dapat membuat otak menjadi lebih tenang.

Air mata menghilangkan racun

baca juga: Soal Virus Corona B117, Jokowi: Disiplin Jalankan Prokes

Frey mengatakan, menangis dapat menghilangkan racun dari dalam tubuh. Menurutnya, air mata membantu manusia menghilangkan hormon stres seperti kortisol yang menumpuk selama masa gejolak emosi.

Menurunkan tekanan darah

baca juga: Anda Kesepaian, Penelitian: Cobalah Memelihara Tanaman dalam Ruangan

Salah satu faktor seseorang menangis disebabkan emosi yang berlebih. Emosi yang berlebih dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang berakibat hal buruk bagi kesehatan .

Untuk itu menangis diperlukan untuk menetralkan tekanan darah. Menangis terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan denyut nadi segera setelah sesi terapi di mana pasien menangis dan mengeluarkan cairan.

Mengurangi mangan

Tindakan menangis yang sederhana juga mengurangi tingkat mangan tubuh. Mangan merupakan mineral yang memengaruhi suasana hati dan ditemukan dalam konsentrasi yang jauh lebih besar di air mata daripada di serum darah. Kadar mangan yang meningkat dapat dikaitkan dengan kecemasan, lekas marah, dan agresi. Oleh karena itu, menangis dapat membantu mengurangi mangan sehingga baik bagi tubuh.Mmemperbaiki emosi dan rasa kemanusiaan

Air mata manusia ditandai sebagai respons terhadap tekanan emosional. Menangis membantu seseorang mengakui perasaan yang dialaminya

Editor: Ramadhani