Dokter Ungkap Pentingnya Tubuh Langsing Bagi Perempuan, Apa Itu?

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Tubuh langsing bisa jadi dambaan bagi banyak perempuan . Tetapi dari segi kesehatan , teranyata perempuan dinilai penting untuk memiliki tubuh langsing.

"Iya penting (perempuan bertubuh langsing). Dari segi kesehatan perempuan diminta memiliki lingkar perut kurang dari 80 sentimeter. Itu harus," kata dokter spesialis keolahragaan dr. Michael Triangto dikutip dari siaran langsung Instagram ayahbunda.

baca juga: Sering Merasa Pusing Saat Berpuasa, Ini Sejumlah Penyebabnya

Namun, maksimal lingkar perut 80 sentimeter itu hanya salah satu parameter dan tidak bisa diterapkan untuk seluruh perempuan , terutama yang bertubuh tinggi. Pada akhirnya, lanjut dokter Michael, tetap harus dihitung kadar lemak juga berat badan ideal yang pas untuk perempuan .

"Dilihat komposisi lemaknya bagaimana, badannya bagaimana, tinggi badan bagaimana, ini hanya salah satu. Namun itu juga bisa jadi ukuran untuk mulai olahraga, aktivitas fisik supaya lebih langsing dan bugar," ujarnya.

baca juga: Riset: Seseorang yang Kurang Aktivitas Fisik Berpotensi Alami Gejala Lebih Parah Jika Terpapar Covid-19

Meski begitu, lingkar perut tetap harus jadi perhatian. Sebab, Michael mengingatkan bahwa yang dikhawatirkan jika lingkar perut berlebih menandakan penumpukan lemak lemak viseral dan menjadi sumber berbagai penyakit. Selain itu, tubuh tidak langsing juga identik dengan berat badan berlebih.

"Sesuatu yang berat akan menekan lebih besar kedua lutut kita, kedua tungkai, kedua hip untuk dapat pressure lebih berat dan jadi lebih rentan terkena osteoarthritis," katanya.

baca juga: Kapan Harus Mengganti Ban Motor? Ini Ciri-cirinya

Sedangkan dari sisi psikologi, memiliki tubuh sehat, bugar, dan langsing tentu bisa menambah rasa percaya diri perempuan untuk melakukan apapun juga.

"Meskipun dengan tingkat kemampuan yang tidak sama tapi tingkat percaya diri itu modal," ucap dokter Michael.

baca juga: Ini Tips Menjaga Imun Selama Ramadan

Editor: Eko Fajri