Tekan Potensi Stres dengan Konsumsi Makanan Sehat Ini

imbuah dan suyuran
imbuah dan suyuran (net)

KLIKPOSITIF - Makanan ternyata juga memiliki pengaruh pada kesehatan mental Anda. "Jenis pola makan yang tepat dapat memberikan otak lebih banyak dari apa yang dibutuhkan untuk menghindari depresi atau bahkan mengobatinya," kata Lisa Mosconi, PhD, Direktur Inisiatif Otak Wanita di Weil Cornell Medical College dilansir dari Insider.

Makanan dapat memengaruhi bahan kimia tertentu di otak, seperti serotonin yang membantu mengatur suasana hati. Diperkirakan 95 persen serotonin diproduksi dalam saluran pencernaan.

baca juga: Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, Perawat SPH: Kebersihan Tangan Dapat Pengaruhi Kesehatan

Jadi, masuk akal jika apa yang Anda makan dapat memengaruhi suasana hati. Oleh karena itu, berikut beberapa makanan yang bisa membantu depresi, antara lain:

Ikan Berlemak

baca juga: DPR: Benahi Regulasi di Pintu Masuk Indonesia

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, anchovies, sarden, hingga herring mengandung tinggi asam lemak omega-3. Lemak ini telah terbukti mengurangi keparahan gejala depresi dengan mengurangi peradangan.

Kalkun

baca juga: Hari Ini 78 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Seorang Pasien Meninggal Dunia

Makan kalkun memberi Anda asupan triptofan, asam amino yang digunakan tubuh Anda untuk menghasilkan serotonin.

Kakao

baca juga: Sama-sama Buat Lesu, Wajib Tahu Ini Bedanya Anemia dan Talasemia

Senyawa tertentu seperti flavanol dan prosianidin yang terdapat dalam kakao di cokelat hitam dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan membantu depresi.

Makanan Probiotik

Makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt dan sauerkraut mengandung bakteri hidup yang berguna untuk menyeimbangkan bakteri usus.

Hal ini penting untuk depresi karena bakteri ini dapat menghasilkan bahan kimia yang mengatur suasana hati, seperti serotonin dan asam gamma-Aminobutyric (GABA).

Buah dan Sayuran

Mengonsumsi makanan seperti buah dan sayuran bisa menjadi salah satu cara paling ampuh untuk melawan peradangan karena mengandung antioksidan, senyawa yang membantu melindungi sel Anda dari kerusakan akibat peradangan.

Editor: Ramadhani