Kaya Manfaat, Minyak Zaitun Bisa Cegah Sejumlah Penyakit

Zaitun
Zaitun (net)

KLIKPOSITIF - Menurut beberapa penelitian zaitun memiliki beragam manfaat kesehatan .Bahkan, ada banyak bukti ilmiah yang mendukung pernyataan tersebut. Zaitun juga dikenal memiliki kandungan rendah kolesterol dan sumber serat makanan yang sangat baik, dan dibutuhkan tubuh untuk kesehatan usus. Zaitun juga kaya akan zat besi dan tembaga.

Minyak zaitun dibuat dengan menghancurkan buah zaitun, kemudian memisahkan minyaknya. Minyak ini memainkan peran untuk mencegah seseorang terhindar dari penyakit jantung hingga penyakit kanker, dan disarankan untuk konsumsi rutin setiap pagi.

baca juga: Sidang Pelanggaran Prokes, Saksi Ahli Sebut Habib Rizieq Tak Perlu Dipidana

Dilansir dari Boldsky berikut beragam manfaat konsumsi minyak zaitun:

Cegah Penyakit Jantung

baca juga: Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, Perawat SPH: Kebersihan Tangan Dapat Pengaruhi Kesehatan

Banyak dari kita, orang awam, akan berpendapat bahwa setiap jenis minyak pada umumnya mengandung lemak tidak sehat dan tidak baik bagi jantung, bukan? Nah, beberapa minyak organik seperti minyak zaitun mengandung asam lemak sehat yang dapat menjaga arteri Anda tetap melebar dan terlumasi dengan baik sehingga memudahkan aliran darah ke jantung, sehingga membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

Menurunkan Berat Badan

baca juga: DPR: Benahi Regulasi di Pintu Masuk Indonesia

Sekali lagi, banyak dari kita mungkin mengira bahwa mengonsumsi minyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan banyak orang yang memperhatikan berat badannya cenderung menghindari semua jenis minyak. Namun, karena minyak zaitun hanya mengandung lemak sehat, minyak ini membantu meningkatkan laju metabolisme Anda, yang pada gilirannya memungkinkan penurunan berat badan lebih cepat.

Menurunkan Kolesterol

baca juga: Hari Ini 78 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Seorang Pasien Meninggal Dunia

Mengkonsumsi 1 sendok minyak zaitun setiap pagi hari juga diketahui dapat mencegah perkembangan kolesterol tinggi. Selain itu, juga dapat menurunkan kadar kolesterol pada orang yang menderita kolesterol tinggi, karena minyak zaitun dapat menghilangkan penumpukan plak di arteri, dengan cara melumasi dinding arteri.

Mengurangi Nyeri Sendi

Nyeri sendi bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti obesitas, artritis, usia tua, osteoporosis, dll. Ketika jaringan pada persendian membengkak menyebabkan nyeri sendi. Minyak zaitun adalah pelumas alami yang membuat persendian Anda tetap fleksibel untuk mencegah rasa sakit. Selain itu, minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi yang juga dapat mengurangi nyeri sendi secara signifikan.

Mencegah Stroke

Penyakit jantung dan kadar kolesterol tinggi adalah dua penyebab utama stroke kelumpuhan, karena penyakit ini tidak memungkinkan darah beroksigen cukup untuk masuk ke otak. Nah, secara tidak langsung minyak zaitun juga bisa mencegah stroke yang bisa berakibat fatal.

Editor: Ramadhani