Durasi Tidur Anak Perlu Disesuaikan dengan Usainya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Kebutuhan waktu tidur anak berbeda-beda sesuai dengan usia. Kebutuhan waktu tidur ini perlu diperhatikan betul oleh orangtua.

Anak yang melewatkan waktu tidur siang, misalnya, mereka justru akan sangat aktif di waktu malam hari karena mereka terlalu lelah. Berikut durasi waktu tidur yang dibutuhkan anak pada setiap tahapan usianya:

Usia 1 - 4 minggu

baca juga: Direktur SDM Sebut Ada Pegawai RSUP M Djamil Padang Positif Covid-19

Jam tidur bayi yang baru lahir sekitar 15 sampai 18 jam dalam sehari. Umumnya, mereka akan tidur dalam periode singkat sekitar 3 sampai 4 jam per periodenya. Bayi yang mengalami kelahiran prematur akan memiliki jam tidur yang lebih lama. Pada usia ini, bayi belum memahami konsep waktu, sehingga ia akan tidur sesuka hati tanpa memperdulikan waktu dan keadaan. Jadi, Anda tidak perlu mengatur atau memaksakan pola tidur kepada bayi. Biarkan saja mereka tidur sesuai dengan keinginannya.

Usia 1 - 4 bulan

baca juga: Ada Dua Jenis Lemak Perut, Mana yang Lebih Susah Dihilangkan?

Pada bayi yang berusia 1 sampai 4 bulan, mereka mulai memahami konsep siang dan malam. Di fase ini, bayi juga mulai memiliki pola tidur yang teratur sesuai dengan usianya. Mereka akan tidur dengan periode yang lebih panjang, yaitu sekitar 4-6 jam.

Usia 4 - 12 bulan

baca juga: Wisma Atlet Kini Rawat Hampir 5 Ribu Pasien Corona

Di fase ini, kebutuhan tidur bayi adalah sekitar 15 jam dalam sehari. Bahkan, ketika usianya menjelang satu tahun, ia mungkin akan memiliki jam tidur sekitar 11 jam saja per harinya. Ketika jam tidur siang bayi berkurang, ia akan memiliki jam tidur malam yang lebih panjang. Terkadang, ia juga bisa memiliki jam tidur di jeda antara pagi dan siang sekitar jam 9.30.

Usia 1 - 3 tahun

baca juga: Berbeda dengan Mata Minus, Kenali Penyebab Mata Silinder

Pada tahapan usia ini anak membutuhkan waktu tidur selama 12 sampai 14 jam dalam seharinya. Ketika menginjak usia 1 tahun, anak mulai mengurangi jam tidur siang, termasuk tidur kecil yang berada di antara pagi menjelang siang. Umumnya, anak pada usia ini hanya memiliki satu tidur kecil dalam sehari.

Usia 3 - 6 tahun

Pada tahapan usia ini, anak-anak membutuhkan tidur selama 10 sampai 12 jam dalam sehari. Sebagian anak yang berumur 3 tahun ada yang masih mau melakukan tidur siang, namun memasuki usia 5 tahun biasanya mereka mulai enggan untuk tidur siang.Usia 7 - 12 tahun

Ketika anak berusia 6 atau 7 tahun, mereka hanya butuh tidur selama 10 hingga 11 jam dalam sehari. Untuk anak berusia 12 tahun, mereka akan tidur di malam hari mulai dari jam 9 malam. Anak seumuran ini biasanya menolak untuk tidur siang, tapi bukan berarti anak tak bisa tidur siang. Setiap anak memiliki preferensi yang berbeda-beda.

Usia 12 tahun ke atas

Anak remaja seperti ini hanya butuh waktu tidur selama 8 hingga 10 jam sehari. Namun, Anda harus pastikan bahwa ia mendapatkan jam tidur yang cukup, karena hal ini sangat penting bagi tumbuh kembangnya di masa remaja. Waktu tidur kurang dari yang seharusnya bisa membuat mereka terbiasa dengan gaya hidup yang akan membuatnya mengalami gangguan tidur (sleep apnea).

Tips untuk Menerapkan Pola Tidur Anak Sesuai dengan Kebutuhan Tidurnya

Anak -anak memerlukan waktu tidur yang cukup untuk kesehatan tubuhnya. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menerapkan pola tidur yang baik pada anak .

Editor: Ramadhani