Tidak Semua Roti Gandum Ternyata Sehat, Ini Kata Ahli

Roti Gandum
Roti Gandum (net)

KLIKPOSITIF - Roti gandum menjadi pilihan bagi sebagian orang yang diet atau punya penyakit tertentu. Pasalnya roti gandum dianggap lebih rendah karbohidrat dibandingkan roti biasa.

Meski begitu, ternyata tidak semua roti gandum atau multigrain yang banyak dijual di supermarket lebih sehat dari roti biasa. "Roti multigrain berarti terbuat lebih dari satu biji-bijian. Jarang sekali kita menemukan biji-bijian bagus yang dimasukkan ke roti tersebut. Jadi sebetulnya multigrain yang di supermarket tidak sesehat yang kita bayangkan," kata dokter spesialis gizi klinik dr. Nuri Nurhasanah Sp. GK., dalam webinar 'Myth Fact about Nutrition and Sport' dilansir dari Suara.com Senin, 23 November 2020.

baca juga: Direktur SDM Sebut Ada Pegawai RSUP M Djamil Padang Positif Covid-19

Menurut dokter Nuri, roti multigrain sehat sebaiknya cari yang terdapat label wholewheat atau roti gandum utuh. Sebab biasanya jenis roti itu terbuat dari kumpulan biji-bijian bernutrisi seperti oat, gandum, quinola, dan jagung. Hal itulah yang membuat roti gandum utuh itu kaya serat, juga dengan kadar gula dan lemak yang lebih rendah.

Menurut dokter Nuri, biji-bijian pada roti gandung wholewheat akan larut dalam air dan baik untuk pasien penyakit jantung dan diabetes. "Lalu quinola itu kaya antioksidan jadi bagus untuk menangkal radikal bebas," tambahnya.

baca juga: Ada Dua Jenis Lemak Perut, Mana yang Lebih Susah Dihilangkan?

Namun diakui dokter Nuri, sulit mencari roti gandum utuh. Kalaupun dijual di supermarket, tentu dengan harga yang relatif lebih mahal.

"Kalau sekarang yang banyak ditemukan roti gandum asal biji-bijian olahan. Tidak semua biji kaya nutrisi," ucapnya.

baca juga: Wisma Atlet Kini Rawat Hampir 5 Ribu Pasien Corona

Sementara itu, roti putih terbuat dari bahan tepung terigu. Nuri menjelaskan bahwa bahan roti putih sebenarnya sama terbuat dari tepung gandum, tetapi kulit ari yang sebenarnya kaya serat justru dibuang saat pengolahan.

"Jadi nutrisi sebenarnya nggak ada. Hanya karbohidrat saja," pungkasnya

baca juga: Berbeda dengan Mata Minus, Kenali Penyebab Mata Silinder

Editor: Ramadhani