Ini Jenis Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Buah Pir
Buah Pir (net)

KLIKPOSITIF - Meski hampir setiap buah bergizi, penderita diabetes perlu ekstra hati-hati dalam mengonsumsinya. Buah-buahan seperti mangga sangatlah sehat, tetapi kandungan gulanya tinggi. Meski demikian, jenis gula ini tidak berbahaya bagi tubuh seperti yang ditemukan pada minuman soda atau makanan manis.

Dilansir dari The Health Site, berikut buah rendah gula yang cocok bagi penderita diabetes.

baca juga: Pakar UNICEF Sebut Pandemi Tingkatkan Cyberbullying

Apel

Apel merupakan buah bergizi tinggi yang mengandung berbagai nutrisi, termasuk vitamin C dan serat yang semuanya membantu mengatur kadar gula darah. Selain rendah kalori, apel juga mengandung antioksidan yang bagus untuk penyakit kronis seperti diabetes. Jadi, Anda bisa memasukkan buah apel menjadi tambahan menu sarapan.

baca juga: Peneliti Temukan Gangguan Hidung Lain Pada Pasien Covid-19

Jeruk

The American Diabetes Association menyebut jeruk sebagai superfoods Diabetes. Satu jeruk berukuran sedang mengandung sekitar 75 persen vitamin C, yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Ini juga tinggi folat dan kalium, yang keduanya baik untuk penderita diabetes.

baca juga: Kaya Manfaat, Minyak Zaitun Bisa Cegah Sejumlah Penyakit

Pir

Buah kaya nutrisi dan vitamin ini bisa menjadi tambahan yang baik untuk diet Anda. Ini adalah sumber serat yang sangat baik, yang membantu memperlambat penyerapan gula dan meningkatkan kadar gula darah.

baca juga: Sudah Jalani Swab, Kini Rizieq Shihab Tak Mau Ungkap Hasil Test

Kiwi

Buah kiwi dapat membantu Anda mengelola kadar gula darah. Buah berwarna hijau cerah ini dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan Anda. Kaya akan vitamin C, potasium, dan karbohidrat, menjadikannya tambahan cerdas untuk diet ramah diabetes.

Namun perlu diingat bahwa penderita diabetes dapat memasukkan buah-buahan ini ke dalam makanan mereka, tetapi tidak berlebihan adalah kuncinya. Terlalu banyak mengonsumsi makanan tertentu bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Juga, baik untuk konsultasikan dengan dokter sebelum memasukkan buah-buahan ini ke dalam diet diabetes Anda.

Editor: Ramadhani