Kaya Manfaat, Ini Keuntungan Konsumsi Pisang bagi Kesehatan

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Pisang merupakan buah sehat yang mengandung berbagai vitamin, protein, serat, magnesium, dan lain sebagainya. "Pisang terkenal dengan kandungan kaliumnya, menyediakan sumber B6 dan serat yang signifikan di mana memainkan peran penting dalam fungsi tubuh seperti mengurangi kolesterol dan menyeimbangkan suasana hati," kata Lisa Richards, konsultan nutrisi bersertifikat dilansir dari Insider.

Beberapa manfaat pisang untuk kesehatan , antara lain:

baca juga: Pakar UNICEF Sebut Pandemi Tingkatkan Cyberbullying

Mengatur Gula Darah

Pisang mengandung pektin dan pati resisten yang bisa membantu menurunkan gula darah. Richards mengatakan bahwa serat larut ini meningkatkan sensasi kenyang, mencegah makan berlebih, dan memperlambat laju pencernaan.

baca juga: Peneliti Temukan Gangguan Hidung Lain Pada Pasien Covid-19

Selain itu, indeks glikemik (GI) pisang adalah 30 hingga 60 tergantung kematangannya. "Semakin rendah GI, semakin kecil kemungkinan makanan akan menyebabkan lonjakan cepat (gula darah)," kata Richards.

Menjaga kesehatan jantung

baca juga: Kaya Manfaat, Minyak Zaitun Bisa Cegah Sejumlah Penyakit

Kalium berfungsi sebagai elektrolit yang berperan penting untuk mengatur kontraksi otot. "Karena jantung adalah otot, kalium dan kesehatan jantung sangat erat kaitannya," kata Monica Auslander Moreno, MS, RDN, ahli diet utama di Miami's Essence Nutrition.

Mengontrol Tekanan Darah

baca juga: Sudah Jalani Swab, Kini Rizieq Shihab Tak Mau Ungkap Hasil Test

Sebuah ulasan tahun 2017 menemukan bahwa suplemen kalium mengurangi tekanan darah bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. "Makanan yang mengandung potasium yang baik dan rendah natrium dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke," catat Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA). Dalam hal ini pisang memiiki kandungan kalium dan rendah natrium.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Pisang dapat membantu merasa kenyang lebih cepat. Kombinasi pektin dan pati resistennya menunda pengosongan perut dan membuat makan lebih sedikit kalori.

"Pisang hijau lebih baik untuk ini karena saat pisang matang atau menua, ia kehilangan pektin. Selain itu, semakin hijau pisang, semakin tahan pati yang dikandungnya," kata Moreno.

Kesehatan Pencernaan

Pisang yang sudah matang bisa melancarkan buang air besar. "Pati kurang resisten dan lebih banyak serat bisa menggerakkan tinja," kata Moreno. Seratnya larut, menarik air yang membuat feses lebih mudah dikeluarkan.

Sementara pisang yang berwarna hijau atau lebih hijau dapat memicu sembelit, karena jumlah pati dan pektin resisten yang lebih tinggi. Pisang jenis ini akan memperlambat proses pencernaan perut.

Editor: Ramadhani