Ini 3 Pemicu Penyakit Kronis dan Peningkatan Berat Badan

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Pola hidup dan kebiasaan pada dasarnya sangat berpengaruh pada kualitas hidup termasuk berat badan dan penyakit kronis. Dalam hal ini, berat badan bukan cuma soal penampilan tapi juga kesehatan , sebab kelebihan berat badan bisa memicu masalah kesehatan kronis.

Melansir dari Healthline, berikut beberapa kebiasaan yang sering kali memicu peningkatan berat badan dan penyakit kronis, antara lain:

baca juga: Sidang Pelanggaran Prokes, Saksi Ahli Sebut Habib Rizieq Tak Perlu Dipidana

1. Waktu Makan Tak Teratur

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa mereka yang makan pada waktu tidak teratur cenderung lebih sering merasa lapar.

baca juga: Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, Perawat SPH: Kebersihan Tangan Dapat Pengaruhi Kesehatan

Terlebih lagi, waktu makan tak teratur juga meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes dan sindrom metabolik. Hal ini disebabkan karena jam internal tubuh tidak mampu mengatur proses alami seperti pencernaan, nafsu makan, dan produksi insulin.

2. Tidak Minum Cukup Air

baca juga: DPR: Benahi Regulasi di Pintu Masuk Indonesia

Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition mengamati bahwa mereka yang minum air sebelum sarapan mengonsumsi lebih sedikit kalori. Dengan mengurangi kalori makan bisa meminimalisir kemungkinan kenaikan berat badan .

3. Duduk Terlalu Lama

baca juga: Hari Ini 78 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Seorang Pasien Meninggal Dunia

Sebuah penelitian yang diterbitkan di PubMed Central berjudulmenunjukkan bahwa mereka yang duduk terlalu lama berisiko lebih tinggi terkena penyakit kronis. Tapi, Anda bisa mengaturnya dengan mengimbangi waktu duduk Anda dengan aktivitas fisik. Anda bisa mulai dengan joging atau lompat tali selama 30 menit.

Editor: Eko Fajri