Ingin Tingkatkan Kualitas Sperma, Ini Sejumlah Makanan Rekomendasi Ahli

ilusrasi
ilusrasi (net)

KLIKPOSITIF - Penelitian Schmid, et al dalam Fertility and Sterility menunjukkan bukti bahwa makanan bergizi mampu mengurangi risiko kerusakan pada sperma.

Pria dengan asupan makanan dan suplemen dari mikronutrien tertentu, seperti vitamin E, vitamin C, vitamin A, folat, dan zinc, dapat memproduksi sperma dengan kerusakan DNA yang lebih sedikit, terutama pada pria yang lebih tua. Sejumlah studi melaporkan bahwa jenis makanan untuk menyuburkan sperma terbaik adalah yang mengandung tinggi likopen.

baca juga: Presiden Bagi-Bagi Nasi, Refly Harun: Saya Bisa Katakan Ini Kerumunan, Tapi.....

Berikut beberapa makanan penyubur sperma untuk persiapan kehamilan yang dapat dikonsumsi:

Tiram

baca juga: Ternyata Banyak Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki di Atas Rumput, Simak Ulasannya

Salah satu makanan untuk kesuburan pria yang dapat meningkatkan kualitas sperma adalah tiram. Pasalnya, di dalam makanan ini terdapat kandungan zinc atau seng, salah satu nutrisi yang meningkatkan kualitas serta jumlah sperma. Anda juga bisa menemukan seng dalam beberapa jenis makanan lain seperti daging merah, sereal yang telah difortifikasi, kepiting, dan produk olahan susu. Pria yang mengonsumsi zinc baik dari suplemen atau makanan, kemungkinan mengalami peningkatan kadar hormon testosteron dan jumlah sperma yang diproduksi.

Gandum utuh

baca juga: Viral Pembagian Nasi Kotak dari Presiden, Beragam Komen Netizen Bermunculan

Makanan untuk penyubur atau penambah sperma lainnya untuk program hamil lain yang dapat Anda konsumsi adalah gandum utuh. Di dalam gandum utuh terdapat nutrisi lain yang baik untuk sperma, salah satunya adalah folat atau vitamin B9. Sementara itu, pria membutuhkan folat untuk meningkatkan kualitas sperma agar bisa membuahi sel telur. Tidak hanya itu, kandungan folat yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma juga bisa Anda temui pada makanan lain seperti sereal yang telah difortifikasi.

Jamur

baca juga: DPR Minta Menkes Buat Instrumen Penanganan Covid-19 yang Efektif

Mengonsumsi jamur juga bisa membantu Anda meningkatkan kualitas sperma. Makanan penyubur ini terdapat salah satu vitamin yang baik untuk sperma, yaitu vitamin D. Vitamin D tidak hanya diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi, tetapi juga diperlukan untuk meningkatkan kualitas sperma. Ternyata, vitamin D termasuk dalam nutrisi yang baik untuk sperma dapat mendukung pergerakan sperma. Ada banyak makanan untuk kesuburan pria selain kacang-kacangan dan biji-bijian yang kaya akan vitamin D seperti, ikan berlemak, margarin yang kaya vitamin D, keju, juga kuning telur.

Telur

Tahukah Anda di dalam telur terdapat kandungan nutrisi asam lemak omega-3? Maka dari itu, telur juga termasuk sebagai makanan penyubur sperma agar cepat hamil. Kandungan asam lemak omega-3 yang baik ini dapat membantu meningkatkan jumlah, motilitas (gerak sperma), hingga morfologi (bentuk) dari sperma. Lalu, manfaat lainnya dari asam lemak omega-3 juga dapat meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi di dalam tubuh. Selain telur, Anda bisa mengonsumsi ikan, khususnya salmon, makerel, tuna, dan sarden.

Kacang dan biji-bijian

Di dalam kacang dan biji-bijian terdapat nutrisi yang baik untuk sperma, salah satunya adalah vitamin E. Kandungan ini memang menjadi salah satu nutrisi dalam makanan yang dapat membantu menghalangi kerusakan sperma. Maka dari itu,kedua makanan ini juga termasuk sebagai penyubur sperma. Tidak hanya dari kacang atau biji-bijian, Anda bisa mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli atau bayam.

Sayuran hijau

Makanan lain yang dapat Anda konsumsi demi meningkatkan kualitas serta penyubur sperma adalah sayuran hijau. Pasalnya, di dalamnya terdapat nutrisi yang baik untuk sperma, yaitu asam folat atau vitamin B9. Tidak hanya untuk wanita, asam folat juga baik untuk pria karena membantu meregenerasi serta meningkatkan kualitas sperma agar bisa membuahi sel telur. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti brokoli, bayam, asparagus, dan lobak hijau. Kandungan ini juga dapat ditemukan pada alpukat dan kentang.

Makanan laut

Makanan lain yang bisa Anda konsumsi untuk penyubur sperma adalah makanan laut, khususnya ikan. Di dalam makanan laut terdapat salah satu nutrisi yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma, yaitu vitamin B12. Hal ini disebabkan vitamin B12 juga bisa meningkatkan kualitas sperma secara keseluruhan. Sebuah penelitian dalam jurnal Biomolecules menyatakan bahwa makanan yang kaya vitamin B12 dapat meningkatkan jumlah, motilitas, hingga mengurangi kerusakan DNA sperma. Selain makanan laut, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B12, seperti daging hingga produk olahan susu.

Buah dengan kandungan vitamin C

Tidak hanya baik untuk meningkatkan imunitas pada tubuh, makanan yang satu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai penyubur sperma. Buah dengan kandungan vitamin C juga diklaim mempunyai kandungan anti-oksidan sehingga mampu meningkatkan kualitas air mani. Lalu, kandungan vitamin C juga secara signifikan dapat mengurangi jumlah sel sperma yang cacat. Anda bisa mengonsumsi jeruk, manga, pepaya, stroberi, serta nanas secara rutin.

Bawang putih

Sering digunakan sebagai bumbu masakan, Anda juga bisa memanfaatkan bawang putih sebagai makanan penyubur sperma. Bawang putih selain mengandung selenium, juga mengandung alisin yang dapat meningkatkan aliran darah ke organ seksual serta melindungi sperma dari kerusakan. Makanan dengan kandungan selenium lainnya berupa roti, gandum, serta protein seperti telur juga daging.

Tomat

Mengapa tomat menjadi salah satu makanan penyubur sperma? Hal ini dibuktikan dalam laporan yang diterbitkan oleh Klinik Cleveland di Ohio menyebutkan bahwa kandungan di dalam tomat dapat memengaruhi kesuburan pria. Hal ini karena tomat mempunyai kandungan likopen, yaitu salah satu zat pembentuk karotenoid. Ini adalah anti-oksidan yang memberi warna cerah pada tomat. Anti-oksidan ini dapat menangkal radikal bebas yang biasanya terbentuk dari konsumsi makanan tidak sehat. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa likopen dalam tomat dapat meningkatkan jumlah meningkatkan jumlah sperma hingga 70%.

Ketika likopen masuk ke dalam tubuh, tubuh akan menyerap 20-30 persen dari total likopen yang masuk. Likopen tersebut akan disebar ke beberapa bagian tubuh. Salah satu bagian yang paling banyak mendapat likopen adalah testis, tempat di mana sperma diproduksi.

Penelitian lain yang dilakukan di Universitas Sheffield Inggris membuktikan bahwa likopen juga mengurangi kerusakan DNA sehingga meningkatkan jumlah sperma matang. Selain itu, terbukti juga bahwa sperma pada pria yang mengonsumsi likopen, lebih cepat bergerak dan gesit. Hal ini pula yang dapat meningkatkan peluang pembuahan.

Editor: Ramadhani