Hari Ayah Nasional, Kenali ini Pentingnya Peran Ayah pada Tumbuh Kembang Anak

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Kehadiran seorang ayah dalam suatu keluarga , khususnya kehidupan anak sangat penting. Sayangnya, peran ayah dalam tumbuh kembang anak sering dikesampingkan.

Akibatnya, ayah seringkali diminta mengalah ketika harus membesarkan anak -anak, membantu menggantikan popok anak hingga mengajak anak bermain.

baca juga: Diminta Balikan dengan Dwi Andhika, Chika Jessica: Doain Aja

Kenyataannya, sosok ayah yang aktif memiliki peran tak kalah penting dalam perkembangan sehat seorang anak . Berikut ini dilansir dari Child Crisis Arizona, 5 peran penting ayah dalam kehidupan anak .

1. Meningkatkan akal

baca juga: Viral, Ibu Ini Bagikan Trik Praktis Ganti Popok Bayi Tanpa Harus Lepas Celana Bayi

Ayah yang aktif bisa membantu meningkatkan kecerdasan emosional dan kemampuan memecahkan masalah anak . Studi menunjukkan bahwa anak -anak dengan ayah yang terlibat secara aktif sepanjang tahun pertama kehidupannya, ia akan tampil lebih baik.

Mereka akan tampil lebih baik dalam penilaian perkembangan kognitif dan menunjukkan peningkatan kapasitas untuk rasa ingin tahu dan eksplorasi. Peran aktif ayah juga membuat anak mendapat nilai lebih tinggi pada tes verbal dan matematika.

baca juga: Sule ke Nathalie Holscher: Hati-hati, Jangan Sampai Kamu Benci Aku

2. Meningkatkan keyakinan

Dukungan emosional dari ayah membantu anak -anak memahami betapa mereka dihargai dan dicintai. Anak -anak dengan ayah yang suportif juga cenderung memiliki kepercayaan diri tinggi dan lebih bahagia .

baca juga: Presiden Bagi-Bagi Nasi, Refly Harun: Saya Bisa Katakan Ini Kerumunan, Tapi.....

Mereka juga menunjukkan toleransi yang lebih besar terhadap stres, mengurangi keraguan dalam situasi baru dan meningkatkan kemampuan melawan tekanan.

3. Memiliki perilaku baik

Peran ayah juga membantu memperkuat perilaku baik anak . Akibatnya, anak-anak cenderung lebih sedikit memiliki masalah perilaku dan kontrol impuls lebih sedikit. Anak -anak juga cenderung lebih penyayang dan murah hati.

4. Memiliki perspektif berbeda

Anak -anak selalu memiliki banyak pertanyaan, tetapi ayah dan ibu memilii cara tersendiri untuk menanggapi pertanyaan mereka. Ayah cenderung memberikan tanggapan yang bisa menumbuhkan perspektif berbeda pada pikiran anak .

5. Memiliki rasa cinta

Anak akan lebih memiliki rasa cinta jika peran ayah cukup aktif dalam kehidupannya. Karena, ayah membantu memastikan anak -anak tumbuh bahagia , sehat, dan memiliki harga diri tinggi.

Editor: Eko Fajri