Bisa Cepat Busuk, Tidak Semua Makanan Bisa Disimpan Dalam Kulkas

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

KLIKPOSITIF - Bukan menjadi lebih awet, beberapa makanan berikut tenyata bisa lebih cepat busuk jika disimpan di dalam kulkas atau lemari es.

Bukan hanya itu, salah penyimpanan juga bisa membuat seseorang mengalami keracunan makanan atau kejadian tidak menyenangkan lainnya, seperti kulkas kotor dan berbau.

baca juga: Cegah Resiko Kenker dengan Menghindari Makanan-makanan Berikut Ini

Berikut ini 5 makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas seperti yang dikutip dari Medical News.

1. Semangka utuh

baca juga: Ingin Cepat Pulih dari Sakit? Konsumsi Makanan-makanan Ini

Paling nikmat menikmati semangka segar saat panas. Eits tapi ini bukan jadi alasan membolehkan semangka utuh disimpan di dalam kulkas karena bisa cepat membusuk.

Menurut penelitian United States Department of Agriculture (USDA), semangka yang disimpan dalam suhu ruangan lebih kaya antioksidan dibanding yang di dalam lemari es. Sedangkan rusaknya keseimbangan antioksidan bisa jadi bumerang bagi kesehatan, karena hilangnya likopen dan beta karoten yang bermanfaat bagi tubuh.

baca juga: 4 Kebiasaan Ini Kurang Sehat di Konsumsi Untuk Sarapan

Namun apabila terpaksa menyimpan semangka di dalam kulkas , khusus hanya semangka atau melon yang sudah dikupas, agar bagian yang tidak terlindungi kulit terhindar dan berubah menjadi asam.

2. Tomat

baca juga: Hindari Konsumsi Hal Berikut Saat Perut Kosong

Banyak sekali kesalahpahaman tentang buah ini, tomat yang masih dalam kondisi baik sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas . Apalagi tomat yang belum terlalu matang, karena kulkas dapat menghentikan proses pematangannya.

Tomat bisa disimpan di dalam kulkas saat sudah terlalu matang, paling maksimal dua hingga tiga hari jika sudah benar-benar asam. Tapi hindari tomat yang masih berkualitas baik disimpan dalam kulkas ya.

3. Madu

Cairan lengket satu ini ternyata memiliki reaksi negatif terhadap lingkungan dingin dan gelap, alasannya adalah risiko kristalisasi yang bisa merusak tekstur dan rasanya, dan sebaiknya madu disimpan sejauh mungkin dari kulkas .

Madu yang baru dikeluarkan dari kulkas , rasanya akan sangat berbeda saat diletakkan di atas kue atau pancake. Ditambah udara dingin juga bisa merangsang pertumbuhan jamur di atas madu, yang bisa menyebabkan keracunan makananan dan infeksi usus.

4. Biji kopi dan ampasnya

Biji kopi memiliki sifat higroskopis, yakni makanan yang bersifat menyerap partikel air dari lingkungan sekitarnya.Sifat makanan yang menyerap air ini menyebabkan pembusukan dan melahirkan organisme lain, itulah mengapa kebanyakan orang menyimpan kacang atau bubuk kopi di atas meja di dapur, alih-alih menyimpannya di kulkas .

Jika bersikukuh disimpan dalam kulkas , hasilnya aroma dan rasa bubuk kopi akan berubah. Ditambah sifat kopi juga akan menghilangkan bau dan rasa makanan lain di kulkas .

5. Pisang

Dibanding buah lain yang proses pematangannya dari luar ke dalam, justru pisang sebaliknya yaitu cenderung membusuk dari dalam ke luar kulit. Jadi sangat besar kemungkinannya bagi Anda mengonsumsi pisang yang sudah busuk tanpa Anda sadari.

Tak banyak yang tahu juga jika pisang termasuk buah yang membutuhkan cahaya, meskipun sudah terpisah dari pohonnya. Oleh karena itu tempat ideal penyimpanan pisang adalah di mangkuk dengan sumber cahaya matahari sedang.

Sumber : suara.com

Editor: Haswandi