Yuk Kenali Obat Herbal di Sekitar Kita Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ilustrasi
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

KLIKPOSITIF - Obat herbal masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjaga kebugaran maupun penyembuhan berbagai penyakit. Di musim virus seperti saat ini, obat herbal kembali dipercaya masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh .

Menurut Chief Business Development and R&D Deltomed Laboratories apt. Drs. Victor S. Ringoringo, S.E., M.Sc, khasiat herbal tidak dapat dirasakan secara instan dan membutuhkan waktu bagi tubuh untuk diproses secara alami.

baca juga: PPKM Darurat Diperpanjang Atau Tidak, Puan: Jangan Sampai Masyarakat Anggap Negara Tidak Ada dan Abai

Selain itu, herbal juga harus diolah dengan baik dan benar agar zat-zat aktif yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh tidak menurun atau menghilang.

"Setidaknya terdapat lima herbal yang dapat dikonsumsi masyarakat untuk memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh , yang juga merupakan komponen aktif yang terdapat di produk Antangin," jelasnya dalam siaran pers yang diterima Suara.com, media jaringan KLIKPOSITIF .com.

baca juga: Malam-malam, Jokowi Ketuk Pintu Rumah Warga Bagikan Sembako dan Obat

Apa saja kelima herbal yang bisa menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi seperti saat ini? Berikut daftarnya.

1. Jahe Emprit (Zingiber officinale var Amarum)

baca juga: Ini Penjelasan Erick Thohir Tentang Ketersediaan Obat Covid-19 di Indonesia

Jahe secara empiris banyak digunakan untuk memelihara kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh , menghambat replikasi virus dan pengobatan influenza. Jahe emprit adalah salah satu jenis jahe yang berkhasiat sebagai imunomodulator yang meningkatkan respon imun humoral dan memperkuat sistem kekebalan tubuh . Selain itu, kandungan minyak atsiri dalam jahe emprit memberikan sensasi hangat ke seluruh tubuh .

2. Jahe Merah (Zingiber officinale var Rubrum)

baca juga: Pendistribusikan Paket Obat Terapi Covid-19 Gratis Bagi Pasien Isoma Dipercayakan Presiden pada TNI

Mengacu pada buku saku Pedoman Penggunaan Herbal dan Suplemen Kesehatan Dalam Menghadapi Covid-19 di Indonesia yang dikeluarkan oleh Badan POM, jahe merah terbukti efektif meningkatkan daya tahan tubuh . Seperti jahe emprit, jahe merah mengandung gingerol dan shogaol, merupakan komponen penting dalam jahe yang memberikan rasa hangat, melancarkan peredaran darah dan memilki efektifitas sebagai anti mual.

3. Royal Jelly

Royal Jelly mengandung fitonutrien yang kaya akan vitamin C, vitamin B, asam amino, zat besi, dan zinc yang dapat merangsang produksi sel-sel imunitas dan mempertahankan stamina tubuh .

4. Ginseng (Panax Ginseng)

Ginseng merupakan adaptogen herbal yang dapat meningkatkan kemampuan manusia untuk beradaptasi di lingkungannya, menyesuaikan diri dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh , termasuk pada saat pandemi Covid-19. Ginseng dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan stamina yang biasanya menurun saat sakit dan dapat meningkatkan endurance atau daya tahan tubuh .

5. Meniran (Phyllanthus niruri L.)

Menurut buku saku Pedoman Penggunaan Herbal dan Suplemen Kesehatan Dalam Menghadapi Covid-19 di Indonesia yang dikeluarkan oleh Badan POM, meniran memiliki potensi sebagai imunostimulan yang berfungsi menjaga dan memelihara daya tahan tubuh . Meniran sebagai imunostimulan dapat merangsang aktivasi sel NK (Natural Killer), meningkatkan IL-6, dan TNF-.

Editor: Haswandi