Menatap Layar Ponsel Terlalu Lama, Ini Dampak Buruknya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Menatap layar ponsel atau komputer dalam waktu lama sangat berdampak buruk bagi kesehatan . Dilansir dari Bustle ada beberapa efek negatif karena terlalu lama menatap layar ponsel atau laptop.

Ketegangan Mata

baca juga: Mengatasi Ketombe dengan Minyak Serai, Begini Caranya

Cahaya biru dari layar tidak hanya membuat tetap terjaga tapi itu juga dapat merusak retina dan memicu ketegangan mata. "Anda tidak berkedip sesering saat melihat layar, ini akan menyebabkan kelelahan dan gejala mata kering." kata Dr. Benjamin Bert M.D., dokter mata di Memorialcare Orange Coast Medical Center, sebelumnya kepada Bustle.

Dia merekomendasikan untuk istirahat setiap 10 hingga 15 menit dengan melihat objek jarak jauh, keluar jendela atau ke seberang ruangan. Kemudian menutup mata sepenuhnya selama satu atau dua detik.

Restrukturisasi Otak

baca juga: Sejumlah Vitamin Ini Bisa Bantu Mencegah Stres

Menghabiskan banyak waktu di depan layar dapat mengatur ulang materi yang menyusun otak. Satu studi yang diterbitkan dalam Addictive Behaviors pada tahun 2020 menemukan bahwa orang yang telah didiagnosis dengan kecanduan smartphone memiliki jumlah materi abu-abu yang lebih rendah di berbagai bagian otak mereka. Kondisi tersebut masalah komunikasi dan kinerja kognitif yang lebih buruk secara umum.

Memengaruhi Cara Memproses Emosi

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2019 di The British Journal of Developmental Psychology menemukan bahwa semakin banyak waktu bermain ponsel pada anak-anak, semakin sedikit pemahaman emosional yang mereka tunjukkan. Tapi, kondisi ini mungkin juga berdampak pada orang dewasa.

Meningkatkan Kematian

baca juga: Soal Virus Corona B117, Jokowi: Disiplin Jalankan Prokes

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam The British Journal of Sports Medicine menunjukkan bahwa menghabiskan banyak waktu di depan layar menurunkan kesehatan kardiovaskular dan meningkatkan risiko kematian.Tingkatkan Risiko Depresi

Semakin lama Anda duduk memandangi komputer, semakin besar risiko Anda mengalami depresi. Hal ini dinyatakan pada penelitian yang terbit tahun 2019 di BMC Public Health .

baca juga: Anda Kesepaian, Penelitian: Cobalah Memelihara Tanaman dalam Ruangan

Editor: Ramadhani