Kurangi Konsumsi 4 Makanan Ini Untuk Cegah Flu dan Pilek

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Musim hujan sering kali dikaitkan dengan flu hingga pilek . Oleh karena itu, perlu bagi Anda untuk mengoptimalkan penjagaan terhadap kesehatan.

" Flu , pilek, batuk, dan infeksi ganas lainnya merajalela selama pergantian musim," kata Dr. G Prakash, wakil kepala petugas medis, Jindal Naturecure Institute, Bangalore seperti yang dikutip dari Healthshots.

baca juga: Punya Usaha Makanan Olahan Hingga Obat-obatan? Ini Cara Daftarkan Produk ke Badan POM

"Itulah mengapa penting untuk terus memeriksa apa yang kita makan untuk menjaga diri kita tetap sehat dan bebas penyakit," imbuhnya.

Melansir dari Healthshots berikut beberapa makanan yang pelu Anda kurangi, antara lain:

baca juga: Campur Kopi dengan Bahan Ini Dapat Meningkatkan Resiko Buruk Bagi Kesehatan

1. Minuman Berkafein

Minuman apapun yang berkafein seperti secangkir kopi atau minuman energi akan bersifat diuretik ringan. Sifat ini akan meningkatkan frekuensi buang air kecil yang menyebabkan dehidrasi.

baca juga: Pargede Rinuak Oleh-oleh Khas Danau Maninjau, Begini Cara Bikinnya

Selain itu, kandungan tersebut meningkatkan lendir dan kekeringan di tenggorokan yang dapat menyebabkan hidung dan tenggorokan tersumbat, sehingga menyebabkan kesulitan bernapas.

2. Makanan yang Digoreng

baca juga: Sambut Lebaran, Ingat Makan Berlebihan Bisa Picu 6 Masalah Kesehatan Ini

Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh tinggi dan tidak mudah dicerna. Konsumsi gorengan yang berlebihan seringkali dapat menyebabkan diare, gangguan pencernaan, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

"Meskipun musim dingin dikenal sebagai periode di mana Anda mendambakan makanan yang digoreng panas, tapi sebaiknya hentikan untuk terus memakannya," kata Dr. Prakash.

3. Beri

Buah-buahan beri seperti blueberry dan stroberi di musim hujan mungkin malah akan rendah vitamin. "Yang terbaik adalah menjauh dari buah beri selama musim dingin. Karena buah beri tidak ditanam selama musim dingin, Anda mungkin akan menemukan buah beri yang rendah kandungan gizinya," kata Dr. Prakash.

4. Produk Susu

Dokter Prakash menyarankan untuk menghindari segala jenis produk susu seperti keju, yoghurt, krim atau bahkan susu . "Yang terbaik bagi Anda adalah menghindari konsumsi produk susu apapun selama musim dingin atau selama masa transisi cuaca," kata Dr. Prakash berkata.

"Konsumsi produk olahan susu dapat meningkatkan lendir dan semakin memperburuk gejala flu . Bahkan bisa menyebabkan gangguan pencernaan," imbuhnya.

Editor: Eko Fajri