Empat Metode Klasik Penurunan Berat Badan yang Efektif

konsumsi sayuran salah satu cara untuk menurunkan berat badan
konsumsi sayuran salah satu cara untuk menurunkan berat badan (Ist)

KLIKPOSITIF - Strategi penurunan berat badan memang klasik karena berkisar pada pola makan dan olahraga. Namun pola makan dan olahraga saja tidak cukup jika tak diperhitungkan secara benar.

Dilansir dari laman Healthline, setidaknya ada 4 hal yang perlu Anda perhatikan saat mulai mencoba menurunkan berat badan, antara lain:

baca juga: Pakar UNICEF Sebut Pandemi Tingkatkan Cyberbullying

1. Kurangi Karbohidrat

Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi karbohidrat. Pengurangan karbohidrat bisa dilakukan dengan cara memangkas makanan olahan dan menggantinya dengan makanan utuh.

baca juga: Peneliti Temukan Gangguan Hidung Lain Pada Pasien Covid-19

Sebuah studi tahun 2020 mengonfirmasi bahwa pola makan rendah karbohidrat bermanfaat untuk menurunkan berat badan pada populasi yang lebih tua. Penelitian juga menunjukkan bahwa pola makan rendah karbohidrat dapat mengurangi nafsu makan.

2. Konsumsi Protein

baca juga: Kaya Manfaat, Minyak Zaitun Bisa Cegah Sejumlah Penyakit

Konsumsi protein dalam jumlah yang tepat penting untuk menjaga kesehatan dan massa otot sekaligus menurunkan berat badan. Sumber protein sendiri bisa didapatkan dari produk hewani maupun nabati mulai dari ikan salmon, telur, buncis, polong-polongan hingga tahu dan tempe.

3. Konsumsi Sayur dan Lemak

baca juga: Ternyata Kulit Manusia Penuh Bakteri dan Jamur

Sayuran dikemas dengan nutrisi yang jika dimakan dalam jumlah banyak pun tak akan meningkatkan kalori dan karbohidrat secara drastis. Berbagai sayuran yang direkomendasikan adalah brokoli, bunga kol, bayam, tomat, kubis, selada, hingga timun.

Selain sayuran Anda juga tetap membutuhkan lemak sehat untuk menurunkan berat badan. Dalam hal ini minyak zaitun dan lemak alpukat adalah pilihan yang bagus untuk membantu penurunan berat badan Anda.

4. Olahraga

Olahraga dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Mengangkat beban hingga olahraga aerobik memiliki manfaat yang sangat baik dalam membantu menurunkan berat badan.

Dengan mengangkat beban, Anda akan membakar banyak kalori dan mencegah metabolisme Anda melambat. Sementara beberapa olahraga kardio seperti berjalan, jogging, lari, bersepeda, atau berenang juga sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan serta kesehatan secara umum.

Editor: Fitria Marlina