Khusus Untuk Ibu Hamil dan Lansia, Sebaiknya Hindari Jenis Makanan Ini

Ilustrasi
Ilustrasi (pixabay)

KLIKPOSITIF - Ada banyak jenis makanan yang harusnya dihindari oleh wanita hamil dan orang lanjut usia atau lansia, salah satunya daging beku.

Larangan ini muncul setelah wabah listeriosis yang menewaskan satu orang dan 9 orang lainnya di rumah sakit di tiga negara bagian di Amerika.

baca juga: Perempuan Wajib Tahu, Ini 4 Manfaat Jika Membuat Catatan Siklus Menstruasi

Saat ini sumber pastinya masih belum diketahui. Tapi, pejabat kesehatan AS menyarankan mereka yang hamil , orang berusia 65 tahun ke atas atau memiliki sistem kekebalan lebih tidak mengonsumsi daging yang dibekukan.

Listeriosis adalah infeksi langka yang disebabkan oleh bakteri listeria, yang bisa hidup di suhu lemari es. Makanan tertentu sering kali bisa terkontaminasi, termasuk daging olahan seperti salami dan keju yang dibuat dari susu tanpa dipasteurisasi.

baca juga: Amankah Vaksin Pfizer Virus Corona untuk Ibu Hamil? Ini Kata Ahli

Dalam beberapa tahun terakhir, wabah listeria juga dikaitkan dengan selada dan hasil bumi lainnya. Bagi kebanyakan orang, kondisi ini bisa menyebabkan gejala ringan tapi tidak menyenangkan seperti demam, menggigil, nyeri, mual dan diare.

Biasanya kondisi ini akan mereda dalam beberapa hari meski dirawat di rumah. Tapi, kondisi ini bisa menjadi lebih serius dan mematikan pada orang yang berisiko tinggi.

baca juga: Ingin Kendalikan Kadar Gula Darah, Ini Opsi Makanan Pengganti Nasi

Wanita hamil yang terinfeksi listeria lebih mungkin mengalami keguguran dan lahir mati atau bayi mungkin meninggal setelah lahir.

Orang tua atau orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, seperti orang yang menjadi kemoterapi atau penderita HIV juga berisiko terkena penyakit serius.

baca juga: Ini 5 Obat Penguat Kandungan dan Cara Mencegah Keguguran

NHS dilansir dari The Sun, pun menyebutkan makanan yang harusnya dihindari oleh wanita hamil karena berisiko tinggi menyebabkan listeriosis, antara lain:

1. Beberapa keju lembut mentah

2. Semua jenis pate, termasuk pate sayuran

3. Susu atau produk susu yang tidak dipasteurisasi

4. Konsumsi makanan setengah matang

Wanita hamil juga harus menghindari kontak dekat dengan hewan ternak yang sedang melahirkan atau baru saja melahirkan.

Investigasi wabah di AS yang dipimpin oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sedang berlangsung.

Pada 22 Oktober 2020, 10 orang dari 3 negara bagian yang berbeda terinfeksi strain listeria monocytogenes, salah satunya dari Florida telah meninggal.

Para pasien usia 40 hingga 89 tahun dengan usia rata-rata 81 tahun dan 80 persen di antaranya adalah wanita.

Masing-masing dari mereka mengaku mengonsumsi daging beku, seperti salami, mortadella dan prosciutto sebelum jatuh sakit.

Bukti epidemiologi menunjukkan bahwa daging deli kemungkinan besar menjadi sumber wabah ini. Listeria bisa menyebar dengan mudah ke makanan dan permukaan lain.

Sehingga bakteri dalam produk deli yang terkontaminasi bisa menyebar ke daging dan keju lain. Saat ini investigasi lebih dalam pun sedang berlangsung.

Sumber : suara.com

Editor: Haswandi